Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Pandemi Covid-19, Dukcapil Kabgor Maksimalkan Pelayanan Online

Dulohupa.id–  Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Gorontalo punya cara sendiri untuk memaksimalkan pelayanan ditengah pandemi Covid-19. Caranya, dengan mengedukasi masyarakat Kabupaten Gorontalo, untuk memaksimalkan fasilitas pelayanan online, yang disiapkan oleh Disdukcapil Kabupaten Gorontalo. Hal ini dilakukan untuk tetap memaksimalkan pelayanan, namun tetap mengedepankan pencegahan penyebaran Covid-19.

Langkah ini dinilai sangat baik menurut Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo. Bahkan menurut Nelson, system pelayanan online yang dilakukan oleh Disdukcapil Kabupaten Gorontalo, perlu menjadi contoh bagi SKPD lainnya.

“Ada proses perkembangan yang bagus, pada bulan maret hanya 300-an, sekarang berkembang menjadi 2000-an. Hal ini membuktikan rakyat kita sudah terbiasa dengan sistem online” ujar Nelson saat menghadiri pencanangan pembangunan zona integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih melayani (WBBM) di Kantor Disdukcapil Kabupaten Gorontalo belum lama ini.

Nelson juga mengatakan, data Disdukcapil sendiri memiliki peran vital dalam pengembangan daerah, karena setiap kebijakan yang akan dikeluarkan oleh pemerintah daerah, harus mempertimbangkan dan berdasarkan analisa data.

“Dukcapil ini strategis karena rakyat kita ini ingin dilayani dan data kependudukan ini sangat penting karena dalam merencanangkan pembangunan butuh data” Tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Dukcapil, Muchtar Nuna mengatakan, pencanangan zona integritas WBK dan WBBM dimaksudkan untuk mendeklarasikan kesiapan jajaran dinas kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten Gorontalo untuk membangun zona integritas WBK dan WBMM.

“Ini bertujuan agar semua pihak dapat memantau, mengawal,mengawasi dan berperan serta dalam program kegiatan reformasi, birokrasi khususnya di bidang pencegahan korupsi peningkatan kualitas pelayanan publik di bidang administrasi kependudukan,” ujarnya (Dade)