Untuk Indonesia

Marten Taha Minta Usulan Masyarakat dalam Musrenbang Ditindaklanjuti

Dulohupa.id- Wali Kota Gorontalo, Marten Taha saat hadir  dalam agenda rapat Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan mengingatkan, agar aspirasi masyarakat jadi perhatian utama dan segera ditindaklanjuti oleh organisasi perangkat daerah (OPD) terkait dan instansi-instansi lainnya.

“Saya mengharapkan baik dari legislatif maupun kepala OPD terkait agar dapat menindak lanjuti apa yang menjadi aspirasi masyarakat yang berkembang di tingkat bawah,” kata Marten saat memberikan sambutanya di agenda musrenbang yang berlangsung di Kota Tengah, Rabu (17/02).

“Kenapa demikian, karena ini murni atas dasar kebutuhan yang terlihat, bukan cuman dari keinginan masyarakat,” tambahannya.

Lebih lanjut Marten mengungkapkan, selama ini kegiatan musrenbang cenderung lebih dianggap sebagai agenda formalitas. Oleh karena itu Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo berharap musrenbang di tahun 2021 ini, setiap kelurahan harus dapat prioritaskan kegiatan fisik, ekonomi, dan bahkan sosial budaya.

“Untuk itu pelaksanaan musrenbang baik di tingkat paling bawah hingga tingkat kota, jangan terkesan hanya sebuah agenda yang sifatnya formalitas saja. Harus ada kegiatan-kegiatan yang diisi di dalamnya dan itu akan menjadi kepentingan kita bersama,” tuturnya.

Musrenbang kata Marten, adalah salah satu tahapan dalam sistem perencanaan pembangunan nasional. Sehingga dalam prosesnya harus memperhatikan dokumen-dokumen  yang sudah disusun sebelumnya.

“Jadi untuk musrenbang kali ini,  kita harus memperhatikan apa yang sudah jadi usulan. Sehingga dalam tahapannya berjalan sesuai apa yang diharapkan,” tandasnya.

Reporter: Fandiyanto Pou

Comments are closed.