Untuk Indonesia

Marten Taha Berharap Belanja Daerah Mampu Gerakan Sektor Riil

Dulohupa.id- Pemerintah Kota Gorontalo mengadakan Rapat Koordinasi dan Evaluasi (Rakorev) penyerapan anggaran pada Selasa (13/7). 

Dalam kegiatan evaluasi program Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di semester pertama tahun anggaran 2021 itu, Wali Kota Gorontalo, Marten Taha menyebutkan keinginannya agar penyerapan anggaran dapat berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Contohnya, untuk perbaikan kualitas infrastruktur daerah, peningkatan standar pelayanan minimal dan pemenuhan kesenjangan layanan dasar berupa pendidikan, kesehatan dan konektivitas layanan lainnya.

“Melalui belanja yang dikeluarkan dari sektor pemerintah, maka diharapkan dapat menggerakkan sektor riil yang nantinya berpengaruh pada ekonomi masyarakat untuk tumbuh positif. Meskipun saat ini dihadapkan dengan pandemi covid-19,” ucap Wali Kota Marten.

Sebab, meski anggaran tahun 2021 terkoreksi sangat dalam, namun penyelenggaraan pemerintahan harus sungguh-sungguh dan serius. 

“Hingga akhir Juni 2021, realisasi fisik mencapai 36,32 persen dari target 54,35 persen. Sementara realisasi keuangan capai 29,27 persen dari target 54,35 persen,” jelas Marten.

Artinya kata dia, capaian realisasi anggaran selama semester satu 2021, mengalami penurunan dibandingkan 2020. 

Ia pun menjelaskan, penyebab dari turunnya capaian ini karena adanya keterlambatan penerbitan Surat Keputusan (SK) pengelola keuangan, terdapat beberapa kegiatan yang masih menunggu juknis, format pelaksanaan kegiatan yang memerlukan penyesuaian belanja akibat COVID-19, dan keterlambatan lelang.

Selanjutnya, ia berharap dengan adanya kegiatan rakorev tersebut, pimpinan OPD dan unit kerja pada semester berikutnya bisa lebih peka terhadap permasalahan terkait tupoksi dan penyerapan anggaran. Serta, berupaya mengantisipasi sedini mungkin agar tidak jadi permasalahan dikemudian hari.

“Dalam melaksanakan program atau kegiatan, berpedomanlah pada peraturan perundang-undangan yang berlaku. Terutama yang berkaitan dengan sistem akuntabilitas keuangan,” pesannya.

Reporter: Yunita Humola

Comments are closed.