Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

KPU: Tiga Bakal Pasangan Calon Pilbup Pohuwato Belum Memenuhi Syarat

Dulohupa.id – Rapat pleno terbuka yang dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato terkait rekapitulasi hasil verifikasi faktual bakal pasangan calon perseorangan, untuk Pilkada Kabupaten Pohuwato telah selesai.

Hasil dari rapat itu, menurut penyampaian ketua KPU Pohuwato, Rinto W. Ali, ada tiga bakal pasangan calon yang belum memenuhi syarat minimal yang telah dipersyaratkan.

“Untuk hasil rekapitulasi verifikasi faktual dari setiap kecamatan ditingkatan kabupaten telah kami laksanakan. Dan akhir dari hasil rekapitulasi ini, tiga bakal pasangan calon semuanya belum memenuhi syarat minimal,” kata Rinto W. Ali saat diwawancarai wartawan Dulohupa.id di ruangan Aula KPU Pohuwato, saat rapat pleno terbuka telah selesai, Selasa (21/7/2020).

Rinto juga mengatakan, bahwa syarat minimal dukungan yang harus dipenuhi oleh setiap bakal pasangan calon sebanyak 9.984 dukungan.

“Sehingga melalui hasil rekapitulasi ini, tiga bakal pasangan calon masih diberi ruang untuk memperbaiki,” ujarnya.

Adapun tiga bakal pasangan calon yang belum memenuhi syarat minimal antara lain: Hamdi Alamri, Amin Haras, dan Ibrahim Bouty.

Kata Rinto juga, pihak KPU akan menunggu dokumen perbaikan yang akan disampaikan setiap bakal pasangan calon nanti.

“Kami akan menunggu dokumen perbaikan dari tanggal 25 – 27 Juli, dan kemudian untuk verifikasi faktualnya akan dilakukan mulai dari tanggal 8 – 16 Agustus,” imbuh Rinto di akhir wawancara. (Zul)