Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Melalui Gerakan Coklit Serentak, KPU Pohuwato Pastikan Keterbukaan Data untuk Semua Pemilih

Dulohupa.id – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato, Rinto W. Ali, saat menggelar apel kesiapan Gerakan Coklit Serentak (GCS) di lapangan Ormas Marisa, Kabupaten Pohuwato, mengatakan, bahwa Pemuktahiran dan Penyusunan Data Pemilih untuk Pilkada serentak 9 Desember di Kabupaten Pohuwato dilakukan secara terbuka dan tanpa diskriminasi.

Menurut Rinto, pihaknya akan membuka akses seluas-luasnya kepada seluruh masyarakat Pohuwato untuk memberikan tanggapan kepada setiap Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP) yang saat ini mulai mengerjakan tugasnya dari tanggal 15 Juli – 13 Agustus.

“Masyarakat dapat mengecek langsung data diri apabila terdapat kekeliruan. Atau juga bisa mengencek perubahan elemen data melalui aplikasi ‘Cek HP-mu’ yang telah tersedia di playstore bagi yang menggunakan android,” kata Rinto W. Ali sebagai ketua

Rinto juga menambahkan, KPU Kabupaten Pohuwato membuka akses kepada masyarakat. Termasuk memperbaiki data dirinya apabila terdapat kekeliruan atau perubahan elemen data.

Hal yang sama juga dikatakan oleh Firman Ikhwan, selaku anggota Divisi Program, Data, dan Informasi KPU Kabupaten Pohuwato.

Menurutnya, pihak KPU juga mengharapkan kepada seluruh masyarakat agar dapat berpartisipasi serta memberikan tanggapan ketika terjadi kekeliruan data pemilih saat petugas PPDP melakukan pendataan.

“Kita berharap masyarakat peduli terhadap hak konstitusi mereka. Caranya dengan turut aktif memberikan masukan kepada kami (KPU Pohuwato) dan petugas kami dilapangan terkait dengan informasi data diri,” imbuhnya.(Zul)