Scroll Untuk Lanjut Membaca
KPU PROVINSI GORONTALO

KPU Tetapkan Jadwal Pelaksanaan PSU di Gorontalo

652
×

KPU Tetapkan Jadwal Pelaksanaan PSU di Gorontalo

Sebarkan artikel ini
PSU
Ketua KPU Provinsi Gorontalo, Fadliyanto Koem. Foto/Dulohupa

Dulohupa.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Gorontalo tetapkan jadwal pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU) di Gorontalo.

“Untuk pemungutan suara ulang yang 45 hari yaitu dapil 6 , insya Allah akan dilaksanakan tanggal 13 Juli 2024, sedangkan untuk Kabupaten Gorontalo itu karena waktunya hanya 21 hari , itu akan dilaksanakan pada 22 Juni 2024 minggu depan” ujar Ketua KPU Provinsi Gorontalo, Fadliyanto Koem kepada awak media pada Jumat (14/06/2024).

Berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) untuk wilayah yang akan melakukan pemungutan suara ulang yaitu Kabupaten Boalemo, Kabupaten Pohuwato dan di TPS 02 Desa Tuladenggi Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo.

Diketahui, pemilihan tanggal tersebut merupakan hari sabtu dan merupakan salah satu hari libur untuk para pegawai kantoran, siswa-siswi sekolahan.

Kata Fadliyanto, bahwa pemilihan waktu pelaksanaan PSU pada hari libur dikarenakan untuk tidak mengangu aktifitas-aktifitas lain seperti waktu berkantor atau waktu sekolah para peserta didik

“Jadi hari sabtu (pelaksanaan PSU). Hari sabtu di pilih oleh KPU-RI karena pelaksaan pemungutan suara tersebut itu adalah hari libur atau hari yang di liburkan. Jadi kalau hari yang di liburkan, berarti harus ada SK. Kalau nasional harus SK presiden, kalau provinsi SK gubernur, untuk kabupaten/kota itu SK bupati,” ujar Fadliyanto kepada awak media pada Jumat (14/06/2024).

Menurutnya, hari sabtu adalah hari yang tepat untuk melaksanakan PSU nantinya, ketimbang hari minggu. Minggu adalah hari libur, namun hari itu juga terdapat proses peribadatan ataupun aktifitas lainnya jelas Ketua KPU.