Scroll Untuk Lanjut Membaca
KPU PROVINSI GORONTALOPilkada

KPU Provinsi Gorontalo Rakor Persiapan Coklit Pemutakhiran Data Pemilih

49
×

KPU Provinsi Gorontalo Rakor Persiapan Coklit Pemutakhiran Data Pemilih

Sebarkan artikel ini
Coklit KPU
KPU Provinsi Gorontalo saat menggelar rapat koordinasi persiapan Coklit pemutakhiran data pemilih pada Pilkada 2024. Foto/Dulohupa

Dulohupa.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Gorontalo menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) untuk Pemutakhiran Data Pemilih Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2024. Rapatkoordinasi itu digelar di Oceana Resto & Resort Kota Gorontalo, Jumat (14/6/2024).

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua dan Anggota KPU Kabupaten/Kota se-Provinsi Gorontalo, Kepala Sub Bagian Perencanaan, Data dan Informasi, serta admin atau operator SIDALIH. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mempersiapkan pelaksanaan pemutakhiran data pemilih dan pencocokan serta penelitian (coklit) menjelang Pilkada Serentak Tahun 2024.

Ketua KPU Provinsi Gorontalo, Fadliyanto Koem dalam menekankan pentingnya akurasi data pemilih untuk menjamin proses demokrasi yang transparan dan akuntabel. Ia juga mengapresiasi upaya semua pihak yang terlibat dalam persiapan ini.

“Kegiatan ini merupakan langkah awal yang krusial dalam memastikan setiap warga yang memiliki hak pilih dapat terdaftar dengan benar. Kami berharap seluruh peserta rapat dapat memahami dan menjalankan tugas mereka dengan maksimal demi suksesnya Pilkada 2024,” ujar Fadliyanto.

Selanjutnya, dalam rapat ini juga dibahas teknis pelaksanaan coklit, termasuk penggunaan aplikasi SIDALIH yang akan mempermudah proses pendataan pemilih. Acara ini ditutup dengan sesi tanya jawab dan diskusi interaktif antara peserta dan narasumber, yang bertujuan untuk memperjelas tantangan selama pemutakhiran data pemilih dan memberikan solusi atas berbagai tantangan yang mungkin dihadapi selama proses pemutakhiran data pemilih berlangsung.