Scroll Untuk Lanjut Membaca
GORONTALOPEMPROV GORONTALO

Warga Diminta Berperan Awasi Sumber Daya Kelautan dan Perikanan

33
×

Warga Diminta Berperan Awasi Sumber Daya Kelautan dan Perikanan

Sebarkan artikel ini
Perikanan Gorontalo
Sosialisasi Penguatan Peran Masyarakat dalam Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (SDKP) melalui Sistem Pengawasan Berbasis Masyarakat. Foto/Diskominfotik

Gorontalo – Pemerintah Provinsi Gorontalo menggelar Sosialiasi Penguatan Peran Masyarakat dalam Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (SDKP) melalui Sistem Pengawasan Berbasis Masyarakat. Kegiatan yang bertempat di Yulia Hotel Gorontalo ini, dihadiri langsung oleh Plt. Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Provinsi, Yosef P. Koton yang mewakili Pj. Gubernur, pada Jumat (14/06/2024).

Dalam sambutannya, yosef mengapresiasi kegiatan tersebut. Target-target capaian melalui kegiatan ini diharapkan dapat terealisasi dengan baik.

“Melalui kegiatan ini kami berharap adanya kemandirian Pokmaswas untuk melaksanakan kegiatan pengawasan SDKP. Masyarakat juga ikut memahami peraturan perundang-undangan tentang pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan,” kata Yosef.

Tidak hanya itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan pengetahuan Kelompok Masyarakat Pengawas Perikanan (Pokmaswas) dalam mendeteksi dan melaporkan terjadinya dugaan pelanggaran. Keikutsertaan masyarakat dalam melakukan pengawasan terhadap SDKP menjadi faktor pendukung dalam mencapai semua target.

“Saya berharap, bapak dan ibu dapat mengikuti kegiatan sosialiasi ini dengan baik agar kita bisa mewujudkan pengelolaan bersama perikanan di Provinsi Gorontalo,” pintanya.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Staf Ahli Wakil Ketua DPR RI, dr. Budi Doku. Direktur Pengawasan Sumber Daya Kelautan Ditjen PSDKP KKP-RI, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi dan Kabupaten/Kota. Ada juga Kepala Pangkalan PSDKP Bitung, serta para Ketua dan Anggota Pokmaswas se Provinsi Gorontalo.

Dulohupa - Diskominfotik