Scroll Untuk Lanjut Membaca
GORONTALOHEADLINEPemilu 2024

Bawaslu Gorontalo Siapkan Pengawasan Ketat Jelang PSU

61
×

Bawaslu Gorontalo Siapkan Pengawasan Ketat Jelang PSU

Sebarkan artikel ini
Gorontalo PSU
Bawaslu Provinsi Gorontalo saat menghadiri rapat koordinasi menjelang pemungutan suara ulang oleh KPU Provinsi Gorontalo. Foto/Dulohupa

Dulohupa.id – Menjelang pemungutan suara ulang ( PSU ), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Gorontalo akan melakukan serangkaian pengawasan ketat untuk memastikan kelancaran dan keadilan proses pemilihan.

Pengawasan akan dimulai dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait pemenuhan kuota 30% dari lima partai politik (parpol) yang menjadi bagian dari pengawasan Bawaslu. Selain itu, Bawaslu juga akan melakukan pengawasan terhadap persiapan pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang.

Lismawy Ibrahim, Anggota Bawaslu Provinsi Gorontalo, menegaskan bahwa segala bentuk kampanye, dalam bentuk apapun, akan diawasi dengan ketat untuk memastikan tidak ada pelanggaran selama masa persiapan hingga pelaksanaan PSU.

“Kita akan memastikan bahwa tidak ada kegiatan kampanye dalam bentuk apapun, melalui media, bahkan politik uang yang melanggar aturan. Pengawasan ini adalah bagian dari tanggung jawab Bawaslu untuk menjaga integritas pemilihan,” ujar Lismawy Ibrahim, Jumat (14/6/2024).

Untuk pelaksanaan pengawasan di lapangan, Bawaslu akan menurunkan personel di seluruh wilayah, Bawaslu saat ini membutuhkan 863 personel untuk pengawasan Pemungutan Suara di seluruh tempat pemungutan suara (PTPS) yang ada di Gorontalo, tepatnya menggunakan PTPS kemarin.

Dengan pengawasan ketat ini, diharapkan Pemungutan Suara Ulang dapat berlangsung secara adil dan transparan, serta mampu menciptakan hasil yang dapat diterima oleh semua pihak.

Reporter - Maya Aridi