Scroll Untuk Lanjut Membaca
KAB. GORONTALOPemilu 2024

KPU Kabupaten Gorontalo Libatkan 360 Orang untuk Sortir Surat Suara

93
×

KPU Kabupaten Gorontalo Libatkan 360 Orang untuk Sortir Surat Suara

Sebarkan artikel ini
Sortir Surat Suara
Proses penyortiran dan pelipatan surat suara di KPU Kabupaten Gorontalo, foto/Herman Abdullah

Dulohupa.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo mulai melakukan penyortiran serta pelipatan surat suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Penyortiran dan pelipatan kertas surat suara itu dmelibatkan 360 orang sebagai tenaga bantuan yang dipercayai oleh KPU itu sendiri. Mereka pekerja tersebut turut diawasi ketat oleh petugas kepolisian.

Ketua KPU Kabupaten Gorontalo, Roy Hamrain mengatakan, hal ini pertama dilakukan. Pada pemilihan sebelumnya, pelipatan serta penyortiran seperti ini dilakukan di Kecamatan yang ada di Kabupaten Gorontalo.

“Ini baru. Pengepakan, penyortiran dan pelipatan itu dilakukan di KPU Kabupaten Gorontalo. Kami melibatkan masyarakat. Mereka datang mendaftar dan jumlahnya sekitar 360 orang,” ujar Roy.

Baca Juga: Jangan Salah Coblos, Kenali 5 Jenis Surat Suara Pemilu 2024!

Jumlah kertas surat suara yang kerap disortir oleh tenaga bantuan KPU, kata Roy Hamrain berjumlah 1.534.325 lembar yang terdiri dari surat suara Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten.

“Kami memaksimalkan tempat yang ada dan juga memaksimalkan kertas surat suara ini bisa terlipat sesuai dengan tahapan yang ada,” kata Roy Hamrain.

“Untuk target masih akan melihat berapa yang bisa di lipat dalam sehari. Kalaupun dalam sehari mencapai 100 ribu bisa dilipat, maka kita bisa estimasikan waktunya bisa selesai sampai dua minggu kedepan,” tandas Ketua KPU Roy Hamrain.

Reporter: Herman Abdullah
banner