Scroll Untuk Lanjut Membaca
HEADLINENASIONALPemilu 2024

Jangan Salah Coblos, Kenali 5 Jenis Surat Suara Pemilu 2024

403
×

Jangan Salah Coblos, Kenali 5 Jenis Surat Suara Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini
5 Surat Suara
5 jenis surat suara Pemilu 2024. Dok: KPU

Dulohupa.id – Dalam Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 ini, pemilih akan mendapatkan 5 surat suara dengan warna-warna tertentu. Bagi para pemilih, memahami jenis-jenis surat suara pemilu sebelum mencoblos sangatlah penting.

Sebelumnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan desain surat suara yang akan dipakai pada Pemilu 2024. Ada lima surat suara yang nantinya akan diterima masyarakat pada saat hari H pencoblosan yaitu Rabu, 14 Februari 2024.

Jenis Surat Suara Pemilu 2024 Berdasarkan Peraturan KPU Nomor 14 Tahun 2023, terdapat penjelasan terperinci tentang 5 jenis surat suara yang memiliki kode warna yang berbeda.Lima surat suara ini memiliki warna penanda yang berbeda-beda yaitu abu-abu, kuning, merah, biru, dan hijau.

Perbedaan warna tersebut menandakan sosok yang akan dicoblos pada Pemilu 2024. Oleh karena itu, masyarakat perlu mengetahui apa saja perbedaan dalam lima surat suara Pemilu 2024.

Baca Juga: Bawaslu Kota Gorontalo Awasi Ketat Pernyotiran Surat Suara 

Berikut penjelasan 5 jenis surat suara:

1. Surat Suara Abu-Abu

Surat suara pemilu dengan warna abu-abu digunakan untuk memilih pasangan presiden dan wakil presiden. Mereka adalah pemimpin negara dan pemerintahan Indonesia yang menjalankan fungsi eksekutif.

2. Surat Suara Merah

Selain pilpres, Pemilu 2024 juga memilih anggota legislatif, termasuk Dewan Perwakilan Rakyat (DPD). Surat suara pemilu berwarna merah digunakan untuk memilih calon anggota DPD yang mewakili setiap provinsi di Indonesia.

3. Surat Suara Kuning

Surat suara pemilu 2024 berwarna kuning digunakan untuk memilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI. Di dalamnya terdapat nomor urut, nama calon anggota DPR RI, serta partai yang mereka wakili.

4. Surat Suara Biru

Warna biru pada surat suara menunjukkan bahwa surat suara tersebut digunakan untuk memilih calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah tingkat provinsi dengan cara yang serupa seperti memilih anggota DPR RI.

5. Surat Suara Hijau

Surat suara pemilu berwarna hijau digunakan untuk memilih calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) tingkat kabupaten/kota.

Pemahaman akan berbagai jenis surat suara untuk Pemilu 2024 adalah langkah krusial bagi setiap pemilih. Memahami perbedaan warna dan fungsi setiap surat suara guna memastikan bahwa hak suara kita digunakan dengan benar dan sesuai dengan tujuan yang diinginkan.

Redaksi
banner