Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

KKN Tanggap Covid-19, Berhasil Kembangkan Komoditas Hortikultura Dengen Memanfaatkan Lahan Kosong

Dulohupa.id – Virus corona yang masih mewabah, tidak menyurutkan semangat mahasiswa Univeristas Negeri Gorontalo (UNG), untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat melalui Program KKN Tanggap COVID-19 di Desa Huntu Barat, Kabupaten Bone Bolango. Program ini sendiri sebetulnya memang wujud kontribusi UNG untuk mencegah penularan COVID-19 di masyarakat.

Ketua tim KKN di desa tersebut, Nikmah Musa mengatakan, secara spesifik kegiatan itu bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani dalam memanfaatkan lahan kosong dan pekarangan rumah untuk pengembangan hortikultura di masa pandemi COVID-19.

“Metode pengabdian masyarakat di tengah pandemi COVID-19 yang digunakan adalah pemberdayaan petani dan ibu PKK melalui perencanaan, pengembangan komoditas, (dan) pendampingan pemanfaatan lahan kosong” terang Nikmah

Juga kata dia, pembuatan sarana dan prasarana budidaya tanaman di pekarangan rumah, sekaligus sosialisasi dan penerapan protokol kesehatan COVID-19, menjadi fokus pengabdian kali ini.

Sementara itu, Ketua LPPM UNG, Ishak Isa, mengapresiasi keberhasilan program KKN COVID -19 di desa tersebut.

“Terima kasih tim dosen dan Mahasiswa KKN. Walaupun dengan waktu (yang) relative singkat, pelaksanaan program KKN COVID-19 ini telah menghasilkan perencanaan pengembangan komoditas hortikultura, memanfaatkan lahan kosong untuk budidaya tanaman hortikultura, menghasilkan sarana dan prasarana budidaya hortikultura di pekarangan rumah, sekaligus telah berhasil menyosialisasikan dan menerapkan protokol kesehatan COVID-19” ungkap Ishak Isa pada penutupan sekaligus penarikan mahasiswa KKN COVID-19.

Apresiasi juga diucapkan oleh Camat Bulango Selatan, Sukriyanto Katili. Kata dia, berkat kehadiran mahasiswa KKN dan tim dosen, pihaknya telah mampu memberdayakan masyarakat di desanya tersebut. Terutama dalam upaya memanfaatkan lahan kosong dan pekarangan rumah sebagai media tanam hortikultura, di saat pemerintah gencar menyosialisasikan bekerja dari rumah (work from home).

Adapun KKN COVID-19 di Desa Huntu Barat ini diikuti oleh 32 mahasiswa dari Fakultas Pertanian, Fakultas MIPA, Fakultas Teknik, Fakultas Olahgara dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Sosial dan Fakultas Ekonomi. Didampingi oleh tiga dosen, yaitu Nikma Musa, Nurdin, dan Yunita Rahim.

Reporter: Jebeng