Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

KPU Pohuwato Pastikan Penyandang Disabilitas Bisa Menjadi Anggota KPPS

Dulohupa.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato pastikan, penyandang disabilitas bisa menjadi anggota Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) pada perhelatan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak Kabupaten Pohuwato tahun 2020. Hal itu seperti yang diungkapkan komisioner KPU Pohuwato, Divisi Sosialisasi Partisipasi Masyarakat dan SDM, Musmulyadi Hunowo, Senin (5/10)

“Penyandang disabilitas dapat menjadi anggota KPPS asalkan memenuhi persyaratan dan mampu melaksanakan tugas sebagai anggota KPPS,” terang Musmulyadi.

Musmulyadi sendiri menjelaskan, adapun persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon anggota KPPS mempunyai integritas yang tinggi, pribadi yang kuat, jujur, adil, setia kepada Pancasila sebagai dasar negara; Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhineka Tunggal Ika, dan cita cita Proklamasi 17 Agustus 1945.

“Serta minimal usia paling rendah 20 tahun dan maksimal 50 tahun,” ujarnya.

Kata Musmulyadi juga, KPU Pohuwato menjamin semua hak warga negara terpenuhi saat pilkada serentak dilaksanakan.

“Kami (KPU) memberikan kesempatan dan hak yang sama bagi seluruh warga negara Indonesia, apalagi dalam hal pemenuhan hak politik bagi penyandang disabilitas untuk terlibat dalam Pilkada 2020,” ungkapnya.

Karena, menurut Musmulyadi sendiri, kesempatan menjadi bagian penyelenggara pada tahapan Pilkada Pohuwato merupakan pemenuhan hak penyandang Disabilitas dalam Pilkada.

Sementara itu, Ketua KPU Pohuwato, Rinto W. Ali juga mengharapkan, pada Pilkada 2020 ini, semua unsur bisa terlibat dan mendapatkan informasi yang sama terkait pelaksanaan dan penyelenggaraan pilkada.

“Kami berharap pada Pilkada Pohuwato tahun 2020 ini, semua unsur mendapatkan informasi yang sama dan terpenuhi hak warga negaranya,” harap Rinto.

Reporter: Zulkifli Mangkau
Editor  : Wawan Akuba