Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Jokowi Minta Sistem Pembinaan Atlit Dirancang Ulang

Dulohupa.id- Presiden RI, Jokowi meminta Kementerian Pemuda dan Olahraga untuk mengajak seluruh pihak terkait untuk merancang ulang sistem pembinaan atlet secara besar-besaran. Hal itu diungkapkan Jokowi pada saat peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) tahun 2020, Rabu (9/9).

”Tadikan sudah ada arahan dari bapak presiden, artinya beliau meminta kepada seluruh komponen termasuk di daerah dan orang orang yang berkepentingan terhadap olahraga dan seluruh stakeholder untuk mereview kembali manajemen peningkatan prestasi olahraga kita,” jelas Asisten bidang Pemerintahan Setda Provinsi Gorontalo, Syukri J. Botutihe, saat diwawancarai media usai mengikuti peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) tahun 2020 secara daring, di aula rudis gubernur, Rabu (9/9/2020).

Arahan Presiden Jokowi tersebut kata Syukri akan menjadi perhatian Pemprov Gorontalo dalam peningkatan manajemen atlet.

” Mungkin ini juga yang akan ditindaklanjuti oleh daerah dan menjadi perhatian dari pemerintah Provinsi Gorontalo. Dari sisi pembiayaan juga akan menjadi perhatian oleh pak gubernur dan pemerintah provinsi sesuai dengan kemampuan daerah yang ada sekarang ini,” ungkap Syukri.

Ia memastikan akan tetap ada anggaran yang diberikan dalam pembinaan olahraga meskipun pandemi COVID-19 masih berlangsung.

” Tetap alokasi APBD untuk peningkatan olahraga di masa pandemi ini. Di masa pandemi ini pelatihan masih tetap ada, tapi polanya akan disesuaikan dengan kondisi sekarang,” ucap Asisten Pemerintahan ini.

Terkait penghargaan yang diberikan Pemprov Gorontalo kepada atlet, pelatih, dan pembina olahraga berprestasi saat peringatan Haornas tahun 2020, Syukri menjelaskan jika itu merupakan bentuk apresiasi dari rasa terimakasih pak gubernur kepada para atlet dan sekaligus memberikan motivasi kepada para atlet yang berprestasi di tingkat nasional maupun internasional.

”Mudah mudahan dengan pemberian motivasi seperti ini bisa memberikan semangat kepada bibit-bibit unggul Gorontalo agar lebih rajin berlatih, dan harus punya motivasi dan tidak terpengaruh dengan situasi sekarang yang lagi masa pandemi, dan mudah-mudahan bibit bibit baru bisa mengharumkan daerah kita ini, tentunya nama bangsa kita Indonesia,” pungkas Syukri.

Dalam peringatan Haornas 2020 yang diselenggarakan secara daring, Pemerintah Provinsi Gorontalo turut memberikan penghargaan kepada 4 orang yang terdiri dari atlet, pelatih dan pembina.

Untuk atlet, penghargaan diberikan kepada Akbar Paudi, runner up e-football world pes 2020, dan juga kepada tim sepak takraw PPLP Gorontalo yang meraih juara di ASEAN School Games.

Di kategori pelatih, penghargaan diberikan kepada Zailani Ahmad, sedangkan penghargaan pembina olahraga diberikan kepada dr. Irawan Huntoyungo yang diwakili oleh Ramli, yang merupakan ketua harian Pengprov Taekwondo Gorontalo.

Haornas tahun 2020 yang dilaksanakan secara daring juga dihadiri oleh perwakilan dari unsur Forkopimda, serta Kepala Dinas Dikbudpora, Yosef P. Koton. **(adv)