Scroll Untuk Lanjut Membaca
GORONTALOHEADLINEPemilu 2024POLITIK

Jika Terpilih Presiden, Anies Janji Bangun Gorontalo jadi Kota Agropolitan

107
×

Jika Terpilih Presiden, Anies Janji Bangun Gorontalo jadi Kota Agropolitan

Sebarkan artikel ini
Presiden Anies
Calon Presiden RI, Anies Baswedan bersama masyarakat Bone Bolango usai kampanye dialogis. Foto: Enda/Dulohupa

Dulohupa.id – Usai melakukan ziarah ke makam pahlawan Nasional Gorontalo Nani Wartabone, selanjutnya Calon Presiden nomor urut satu, Anies Baswedan berdialog dengan para petani di Kabupaten Bone Bolango, Senin (08/1/2024).

Dialog dikemas dalam acara desak Anies ini, sejumlah petani menyampaikan aspirasinya terkait harga komoditas pertanian yang anjlok, masalah impor beras, bantuan pupuk kurang memadai, serta meminta dibangun sekolah pertanian di Gorontalo.

Menanggapi aspirasi petani, Anies menyebut Gorontalo merupakan wilayah yang memiliki banyak potensi khususnya di bidang pertanian terutama pengembangan komoditas jagung, buah coklat dan kelapa.

Dengan potensi ini, Anies berjanji akan membangun Gorontalo menjadi kota agropolitan yang nantinya mampu menopang sektor pertanian berkelanjutan.

Tak hanya di Gorontalo, Kota agropolitan ini akan dibangun ke 39 daerah di Indonesia jika ia terpilih menjadi presiden.

“Kami melihat Gorontalo ini sebagai salah satu tempat sesungguhnya yang menjadi percontohan. Disini jagung tumbuh dengan baik, terus Kakao tumbuh juga dengan baik dan tanaman lainnya. Tanahnya subur dan ekosistemnya sehat. Itulah sebabnya, kami datang kesini untuk membangun gorontalo jadi salah satu dari 40 kota agropolitan,” papar mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Baca Juga:

Capres Anies Ziarah Makam Pahlawan Nasional Nani Wartabone

Kampanye di Gorontalo, Capres Anies ajak Warga Lakukan Perubahan

Anies menjelaskan, kota Agropolitan merupakan kota jasa yang memfasilitasi kegiatan pertanian dan pengolahan pangan. Kemudian yang kedua sebagai pengembangan industri pertanian.

“Jadi ada dua sisi, dimana satu sisi menjadi jasa mensuplai kebutuhan dan disisi lain menjadi kota pengolahan indsutri pertanian. Kita ingin pertumbuhan di indonesia itu merata dan tiap wilayah diberikan porsi pembangunan sesuai potensi kebutuhannya, sehingga berkelanjutan,” ujar calon Presiden, Anies Baswedan.

Anies berharap kedepannya Gorontalo bertajuk serambi madinah ini mampu menjadi wilayah yang bisa memfasilitasi kegiatan pertanian.

Reporter Enda
banner