Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Jembatan Bulobulontu Nyaris Putus , Akses Suwawa – Botupingge Ditutup

Dulohupa.id – Naiknya debit air di Sungai Bone, di Kabupaten Bone Bolango membuat Jembatan Bulobulontu nyaris putus. Akibatnya, salah satu akses utama yang menghubungkan antara Kecamatan Suwawa Selatan dan Kecamatan Botupingge ini ditutup untuk sementara.

Pantauan redaksi Dulohupa.id di lokasi kejadian, kondisi jembatan Bulobulontu memang mulai mengkhawatirkan. Ketinggian air yang hanya tinggal beberapa puluh centimeter saja dari bawah jembatan, membuat warga khawatir dengan kondisi jembatan sepanjang hampir 100 meter itu.

Tak hanya itu, derasnya air sungai yang nampak kecoklatan, mulai mengikis tanah bagian pinggiran sungai, sehingga membuat warga khawatir jembatan akan ambruk. Apalagi, material tanah yang menghubungkan jalan dan pondasi dari jembatan terlihat berlubang dan nyaris ambruk. Petugas kepolisian yang ada di lokasi kejadianpun nampak mulai memasang garis polisi dan melarang warga untuk melintas.

“Air mulai naik tadi pagi, kayaknya air dari pinogu pak karena biasanya kalau hujan deras disana, air pasti naik, apalagi tadi malam juga disini hujan,” Ujar Irwan Koja, salah seorang warga yang tinggal tidak jauh dari Jembatan Bulobulontu, kamis (11/6).

Dengan kondisi ini menurut Irwan, akses yang menghubungkan Suwawa Selatan dan Botupingge sudah bisa dipastikan ditutup.

“Kecuali lewat jembatan Talumolo 2 pak, tapi kan jauh, makanya orang botupingge biasanya tetap lewat sini,” tandasnya.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada konfirmasi resmi dari Pemeritah Kabupaten Bone Bolango terkait peristiwa ini. (Erik Baruadi/ Ikbal Dilua/ Dulohupa.id)