Jelang Natal dan Tahun Baru, Inflasi di Kota Gorontalo Stabil

Dulohupa.id – Jelang perayaan natal  dan tahun baru, Pemerintah Kota Gorontalo menggelar rapat koordinasi bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID). Rapat membahas sekaligus mengevaluasi perkembangan inflasi triwulan III tahun 2020, Sekaligus untuk memastikan stabilisasi harga kebutuhan bahan pokok.

Hingga saat ini, Kondis perekenomian di Kota Gorontalo dipastikan masih dalam posisi stabil. Inflasi daerah berada dalam kisaran target nasional sebesar 3,5 plus minus 1 persen. Tahun 2019 sendiri, Pemerintah Kota Gorontalo berhasil mengendalikan inflasi hingga di angka 2,87 persen.

“Keberhasilan kita dalam mengendalikan infalsi tidak terlepas dari langkah strategis Pemkot Gorontalo dalam menerapkan kebijakan 4 K. Keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, Kelancaran distribusi dan Komunikasi efektif.” ujar Walikota Gorontalo, Marten Taha dalam sambutannya di Aula Kantor Walikota, selasa (24/11).

Selain itu, Untuk menjaga daya beli masyarakat, Pemerintah Kota Gorontalo telah menyalurkan berbagai skema program perlindungan masyarakat. Antara lain, Pemberian bantuan sosial bagi masyarakat miskin.

“Pengendalian inflasi tidak hanya berfokus pada upaya-upaya pengendalian harga tetapi juga  harus diarahkan untuk memastikan terjaganya daya beli masyarakat. Tapi juga melalui penguatan perlindungan sosial dan dukungan terhadap sektor UMKM,” tambahnya.

Berkat strategi dan program inilah, Pemerintah Kota Gorontalo, untuk pertama kalinya berhasil meraih penghargaan TPID Award. TPID Kota Gorontalo menjadi yang terbaik sepanjang tahun 2020, mengalahkan 81 Kabupaten/ Kota di wilayah Sulawesi.

“Alhamdulillah TPID kota Gorontalo menjadi yang terbaik, Saya sangat bersyukur atas penghargaan dan capaian prestasi ini. Prestasi ini adalah  buah kerja keras, sinergitas kerjasama seluruh anggota TPID Forkompinda dan masyarakat dalam mengendalikan inflasi menjaga daya beli,” terangnya.

Olehnya, Marten mengucapkan terima kasih kepada seluruh perangkat daerah maupun TPID kota Gorontalo atas Raihan prestasi ini. Marten berharap penghargaan ini bisa memotivasi Pemerintah Kota Gorontalo berbuat lebih baik lagi untuk kesejahteraan masyarakat kota Gorontalo.