Untuk Indonesia

Jalin Kerja sama, APEKSI dan BPIP Gelar Pembinaan Ideologi Pancasila

Dulohupa.id- Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) dan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) bekerja sama dalam melakukan pembinaan nilai ideologi pancasila. Kerja sama itu direalisasikan dengan penandatanganan nota kesepakatan di Kota Yogyakarta pada selasa (12/10/21).

Adapun penandatanganan tersebut dihadiri oleh sejumlah anggota APEKSI termasuk Wali Kota Gorontalo, Marten Taha yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum APEKSI Bidang Pemerintahan dan Otonomi.

Dalam penyampaiannya, Marten mengungkapkan harapannya terkait peran pendidikan dalam menanamkan nilai-nilai pancasila kepada seluruh warga negara Indonesia. Untuk itu, ia menyarankan untuk adanya regulasi yang mengatur setiap kurikulum agar tetap menanamkan nilai Pancasila.

“Harapan kami pembinaan ideologi pancasila ini diatur dalam sebuah regulasi dan dimasukan ke dalam kurikulum pendidikan. Mungkin bisa dibuatkan regulasi seperti Perpres atau PP yang bisa menjadi acuan dari setiap daerah agar program ini bisa maksimal” ungkap Marten.

Marten juga mengungkapkan upaya yang ia sudah jalankan di Kota Gorontalo dalam mewujudkan penanaman nilai-nilai pancasila kepada peserta didik bahkan sejak dini.

“Kami pun di Kota Gorontalo telah merangkul anak-anak milenial mulai dari usia dini hingga perguruan tinggi untuk memberikan pembinaan nilai ideologi pancasila” ujar Marten.

Ia juga mengatakan bahwa penandatanganan nota kesepakatan ini merupakan bentuk keseriusan APEKSI dalam membumikan pancasila dengan melakukan koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian pembinaan ideologi pancasila secara menyeluruh.**

Comments are closed.