Scroll Untuk Lanjut Membaca
GORONTALOVideo

Jajaran ASN Kemenkumham Gorontalo Komitmen Jaga Netralitas jelang Pemilu 2024

626
×

Jajaran ASN Kemenkumham Gorontalo Komitmen Jaga Netralitas jelang Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini
Kemenkumham Gorontalo
Jajaran pegawai Kemenkumham Gorontalo. Apel Deklarasi Netralitas ASN jelang Pemilu. (Foto/Kemenkumham)

Dulohupa.id – Jajaran pegawai di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Provinsi Gorontalo menyatakan siap bersikap netral selama penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Hal tersebut disampaikan Kakanwil Kemenkumham Gorontalo, Heni Susila Wardoyo usai pelaksanaan Apel Deklarasi Netralitas ASN menjelang Pemilu serentak Tahun 2024, Kamis (09/02/2023).

Sikap netral ASN ini dilakukan dalam rangka mewujudkan penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) yang netral, objektif dan terbuka serta untuk membangun sinergitas, meningkatkan efektivitas dan efesiensi dalam melakukan pembinaan, pengawasan, serta penanganan untuk mewujudkan kepastian hukum terhadap pelanggaran asas netralitas pegawai di lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Gorontalo.

Simak Video: Jajaran ASN Kemenkumham Gorontalo Komitmen Jaga Netralitas jelang Pemilu 2024

Ada empat poin penting yang disampaikan dalam ikrar netralitas ASN, yaitu. Menjaga dan menegakan prinsip netralitas pegawai, menghindari konflik kepentingan, menggunakan media sosila secara bijak, dan menolak politik uang.

“Poin utamanya adalah, agar kami menegakan dan kami berjanji seluruh ASN tidak boleh terlibat secara aktif maupun pasif didalam pemilu” kata Kakanwil Kementerian Hukum dan HAM Gorontalo, Heni Susila Wardoyo

Heni mengatakan bahwa dinamika politik untuk mencari pemimpin terbaik silahkan saja berlangsung, tetapi kesepakatan netralitas semua ASN tidak bisa ditawar, lantaran ini merupakan bagian yang melekat pada profesionalitas ASN.

“Kita tau, bahwa ASN itu pada dasarnya motor penggerak dari birokrasi, oleh karenanya kita harus lebih professional dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat.” Jelas Heni Susila Wardoyo.

Heni juga mengatakan, akan memberikan sangsi administarsi hingga pemecatan kepada ASN yang kedapatan terlibat politik ataupun tidak bersikap netral.

Pada kesempatan itu, Kakanwil Kementerian Hukum dan HAM Gorontalo, Heni Susila Wardoyo meminta agar pers dapat mengawal kegiatan dan netralitas ASN, agar Pemilihan Umum 2024 mendatang dapat berjalan dengan baik.

“Saya juga mengajak, kepada insan pers untuk turut mengawal, agar netralitas bisa terjadi khusunya di lingkungan KAntor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Gorontalo,” Tandasnya.

Redaksi