Scroll Untuk Lanjut Membaca
HEADLINEPERISTIWAPOHUWATO

Hendak Berwisata ke Pulau Lahe, 9 Wisatawan Malah Terjebak di Lautan

220
×

Hendak Berwisata ke Pulau Lahe, 9 Wisatawan Malah Terjebak di Lautan

Sebarkan artikel ini
Wisatawan Pulau Lahe
Basarnas Pos Sar Marisa saat mengevakuasi dua perahu kehabisan bahan bakar di tengah laut saat hendak menuju pulau Lahe, Pohuwato.foto: Hendrik Gani

Dulohupa.id – Hendak berwisata ke pulau Lahe yang terletak di Kecamatan Marisa, Kabupaten Pohuwato, Gorontalo, 9 wisatawan malah terjebak di tengah laut, Senin (25/12/2023).

Awalnya 9 wisatawan tersebut menyewa dua perahu untuk mengantarkan mereka ke pulau Lahe. Namun ditengah perjalanan perahu yang mereka tumpangi kehabisan BBM, yang mengakibatkan mereka terombang ambing di lautan.

Sekitar sejam terombang ambing di laut, salah satu dari wisatawan menelpon tim Pos Sar Marisa.

Kepala Pos Sar Marisa, Kabupaten Pohuwato, Alfrits Rottie mengaku setelah mendapat informasi, timnya langsung bergegas menuju lokasi kejadian.

Ia mengaku saat ditemukan para wisatawan tengah cemas saat perahu yang ditumpangi mereka kehabisan bahan bakar.

“Saat ditemukan para wisatawan itu kelihatan cemas. Bagaimana tidak, karena perahu mereka tengah terombang ambing di tengah lautan saat hendak menuju ke pulau lahe. Setelah itu kita langsung mengevakuasi mereka,” Ujar Alfrits Rottie.

Baca Juga: Buaya 2 Meter Masuk Jaring Nelayan di Tilamuta

Evakuasi yang dilakukan, kata Alfrits, dengan cara ditarik oleh empat tim Basarnas dengan menggunakan perahu karet Rigid Inflatable Boat (RIB) sampai ke dasar pantai pohon cinta.

“Kita evakuasi kedua perahu yang ditumpangi para wisatawan itu dengan cara ditarik sampai ke pesisir pantai Marisa,” Jelasnya.

Basarnas menghimbau para wisatawan dan masyarakat yang akan beraktivitas di lautan harus meningkatkan kewaspadaan. Sebab kata dia gelombang laut pada bulan Desember ini cukup tinggi, sehingga banyak kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi.

“Di bulan Desember ini bagi para masyarakat yang akan beraktivitas di lautan harus tetap waspada, sebab gelombang saat ini cukup tinggi,” Tandasnya

Dirinya berharap agar para pemilik perahu jenis apapun itu bisa mengecek kembali kesiapan sebelum pergi beraktivitas di lautan.

“Setiap perahu yang digunakan perlu diperiksa kembali, entah itu mesin dan bahan bakarnya, agar dalam perjalanan bisa aman dan terhindar dari hal-hal yang tidak kita inginkan bersama,” Harapnya.

Reporter: Hendrik Gani