Scroll Untuk Lanjut Membaca
AdvertorialDEPROV GORONTALOKESEHATAN

Espin Tulie: Tak Ada Lagi Rawat Inap di Puskesmas

25
×

Espin Tulie: Tak Ada Lagi Rawat Inap di Puskesmas

Sebarkan artikel ini
Rawat Inap Puskesmas
Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Gorontalo, Espin Tulie usai berkunjung di Puskesmas Telaga Foto/Humas Deprov

Dulohupa.id – Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Gorontalo, Espin Tulie dalam kesempatan kunjungan kerja ke Puskesmas Telaga, mengungkapkan bahwa tidak ada lagi pelayanan rawat inap di puskesmas.

Pendapat tersebut bukan tanpa dasar, melainkan sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 43 tahun 2019 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat.

“Kalau kita terunut, bahwa sesuai dengan undang-undang kesehatan (Permenkes 43/2019) yang terbit pada tahun 2019, tidak ada lagi puskesmas yang menjalankan rawat inap,” papar Espin.

“Karena dilihat dari keberadaan puskesmas sekarang, mungkin 20 tahun lalu itu masih bisa diberlakukan. Tetapi dalam kondisi sekarang sudah berdekatan rumah sakit (RS) Ainun Habibie, sudah ada RS Bhayangkara, sudah ada RS Otanaha, RS Bunda, RS Islam, jadi kebutuhan masyarakat dalam rawat inap itu sudah lebih diserahkan ke RS terdekat yang ada,” jelasnya lagi.

Baca Juga: Komisi IV DPRD Provinsi Gorontalo Sidak Puskesmas Telaga

Menurutnya, berbicara soal puskesmas maka itu tentang pelayanan. Sehingga pelayanan di pusat kesehatan haruslah mumpuni, selain itu juga harus ada reward untuk tenaga-tenaga medis yang telah berjuang di bidang kesehatan.

Reporter: Yayan