Scroll Untuk Lanjut Membaca
KAB. GORONTALOPEMKAB GORONTALO

Ditjen PPKT Lakukan Mitigasi Bencana di Kawasan Transmigrasi Kabupaten Gorontalo

11
×

Ditjen PPKT Lakukan Mitigasi Bencana di Kawasan Transmigrasi Kabupaten Gorontalo

Sebarkan artikel ini
Mitigas Bencana
Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Gorontalo, Kisman Ishak saat menerima kunjungan Ditjen PPKT. Foto/Diskominfo

Kabupaten Gorontalo – Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pengembangan Kawasan Transmigrasi (Ditjen PPKT) Kementerian Desa RI melakukan mitigasi bencana di kawasan transmigrasi Kabupaten Gorontalo.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Gorontalo, Kisman Ishak, mengatakan, ada tiga desa di kawasan transmigrasi yang diusulkan menjadi sasaran program mitigasi ke Ditjen PPKT.

“Desa Puncak, Ayumolingo, dan Bukit Aren. Tiga desa di kawasan transmigrasi ini diusul untuk sasaran mitigasi bencana Ditjen PPTK Kemendes,” ungkap Kisman, usai menerima kunjungan Ditjen PPTK, Selasa (28/5/2024), di Limboto.

Dia menjelaskan, pihaknya telah berkolaborasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk menentukan titik-titik mitigasi tersebut.

Disisi lain, menindaklanjuti usulan Disnakertrans, Tim Kemendes RI mengunjungi BPBD untuk melihat peta mitigasi bencana. “Tim tersebut berencana melanjutkan kunjungan ke tiga desa lokasi UPT Transmigrasi untuk melihat langsung potensi kebencanaan,” kata dia.

“Besok (Rabu), mereka akan mengunjungi tiga desa lokasi UPT transmigrasi untuk memastikan lokasi tersebut. Kami telah menjelaskan bahwa peta titik letak mitigasi ada di BPBD,” tambahnya.

Rencananya, kunjungan kerja Ditjen PPKT akan berlangsung hingga Kamis, dan akan mengunjungi dua lokasi utama yang menjadi fokus, yakni di Kabupaten Gorontalo dan Kota Gorontalo. Tim dari Direktorat Pengembangan Kawasan Transmigrasi akan didampingi oleh staf dari bidang transmigrasi dan BPBD selama kunjungan.