Scroll Untuk Lanjut Membaca
GORONTALOHEADLINEWISATA

Paus Orca Muncul, Hiu Paus Menghilang di Wisata Botubarani

3012
×

Paus Orca Muncul, Hiu Paus Menghilang di Wisata Botubarani

Sebarkan artikel ini
Paus Orca
Kemunculan Paus Orca di pesisir pantai Selatan Bone Bolango, Gorontalo. Foto/ist

Dulohupa.id – Beberapa hari terakhir, jagat media sosial dihebohkan dengan kemunculan paus orca serta menghilangnya hiu paus di kawasan wisata Botubarani, Bone Bolango, Gorontalo.

Peristiwa ini terjadi sejak Jumat, 26 Mei 2024, hingga Rabu, 29 Mei 2024, ketika hiu paus yang biasanya terlihat di daerah tersebut tiba-tiba menghilang.

Peneliti kelautan khusus mamalia laut Paus Orca, Verrianto Madjowa menegaskan bahwa hilangnya hiu paus tidak berkaitan langsung dengan kemunculan paus orca.

“Jadi, hiu paus itu posisinya sama dengan paus orca, melakukan migrasi di Teluk Tomini. Bedanya, hiu paus lebih lama dan sudah ada beberapa yang ditandai oleh tim survei,” ujar Verri dalam wawancara pada Rabu (29/05/2024).

Menurut Verri, hiu paus ini hanya menghindar karena paus orca merupakan predator puncak di lautan. Pada hari Jumat, tercatat ada tiga ekor hiu paus di Botubarani.

“Namun, paus orca yang datang dari arah Olele menyusuri pantai kemudian sampai di Botubarani hingga ke Biluhu, menyebabkan hiu paus tersebut menghilang. Esok harinya, pada Sabtu, tiga hiu paus itu tidak lagi terlihat” ujarnya

Lebih lanjut, kata Verri biasanya pada bulan Mei, hiu paus selalu ada di Botubarani.

“Jadi, kalender musim hiu paus tahun ini dari Januari sampai Mei itu hampir ada tiap hari, di bulan Januari sampai Mei pun hanya ada 1 atau 2 hari yang kosong.
Sampai kemunculan paus orca itu dia memang menghilang” katanya.

Verri juga mengatakan kenapa paus orca di Gorontalo dapat dilihat dekat sekali dengan pantai, ini karena topografi pantai Gorontalo yang landai dengan kedalaman laut yang cepat meningkat hingga tubir