Untuk Indonesia

Diduga Korupsi Pembangunan Gedung DPRD, Mantan Kadis PU Ditahan

Dulohupa.id-  Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Gorontalo resmi menahan Abdul Naser Maunti, mantan Kepala Dinas (Kadis) PU Kabupaten Gorontalo periode 2008 hingga 2009, karena diduga terlibat dalam kasus korupsi pembangunan gedung DPRD kabupaten Gorontalo.

Pembangunan gedung DPRD pada 2008 silam dan berlokasi di Desa Pone, Kecamatan Limboto Barat tersebut setidaknya merugikan negara hingga1,3 miliar rupiah. Selain Naser, kejari juga ikut menahan Marwan, pengawas lapangan dalam proyek tersebut. Penahanan kepada keduanya berlangsung selama 20 hari, atau sejak 25 Januari 2021 hingga 13 Februari 2021.

“Hari ini dua tersangka yang diduga melakukan tindak pidana korupsi terkait pembangunan Gedung DPRD Kabupaten Gorontalo resmi ditahan. Dari di dua tersangka yang dilimpahkan oleh Kejati Provinsi Gorontalo diantaranya ada Mantan Kadis PU. Penanganan kasus tipikor dalam pembangunan gedung DPRD Kabupaten Gorontalo yang mengakibatkan kerugian negara sekitar Rp.1.368.435.101,38,” ungkap Kepala Seksi Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Negeri Kabupaten Gorontalo, Bambang Nurdiantoro, Senin (25/1).

Lebih lanjut Bambang mengatakan, pihaknya akan melimpahkan berkas perkara tindak pidana korupsi (tipikor) keduanya ke Pengadilan Kota Gorontalo pada pekan ini.

“Pasal yang disangkakan, pasal 2 ayat 1 junto pasal 18 UU Tipikor dan subsider pasal 3 junto pasal 18 UU nomor 31 tentang tindak pidana korupsi,” pungkasnya.

Sebelumnya, terakait kasus ini pihak kejaksaan juga sudah menetapkan dua orang tersangka lainnya yaitu Arifin Mbuinga dan Jusuf Husain. Keduanya kini tengah mengikuti persidangan di Pengadilan Kota Gorontalo.

“Jadi total keseluruhan untuk tersangka sudah ada empat. Dari empat itu tiga diantaranya pejabat,” pungkasnya.

Reporter: Fandiyanto Pou

Comments are closed.