Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Berkebun di Pekarangan Rumah, Usaha Kreatif Ditengah Pandemi

Dulohupa.id– Masyarakat Indonesia saat ini tengah diuji pandemi covid-19 yang terus berkepanjangan. Pembatasan sosial yang mau tidak mau harus dijalani oleh masyarakat, memaksa mereka untuk mencari peluang untuk tetap bertahan melalui badai pandemi yang belum juga berhenti. Di Gorontalo sendiri, warga yang terkena pandemi puny acara sendiri untuk tetap produktif di rumah. Yakni dengan memanfaatkan pekarangan rumah, untuk dijadikan lahan bercocok tanam, tanaman Holtikultura.

”Saya apresiasi usaha masyarakat untuk menyediakan bahan pangan mereka di masa pandemi ini, minimal tidak ke pasar beli sayuran. Ini juga mampu untuk menekan inflasi karena kebutuhan barito yang tinggi. Saya anjurkan setiap rumah ada bedengan,” ujar Rusli saat meninjau Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) Mekar yang berada di Desa Bulontala Timur, Kecamatan Suwawa Selatan, Kabupaten Bone Bolango, Senin (8/6).

Menurut Rusli, dengan pemanfaatan lahan pekarangan untuk usaha pertanian, saat ini dapat membantu warga untuk mencukupi kebutuhannya sendiri, bahkan bisa saja beroleh keuntungan jika dikelola dengan baik.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Kepala Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo, Muljadi Mario. Menurutnya, jika pangan tersedia di halaman rumahnya sendiri, aktivitas di luar tentu akan berkurang, sehingga kampanye social distancing yang saat ini terus digalakkan oleh pemerintah, otomatis akan terlaksana dengan baik.

“Minimal stay at home tapi tetap produktif,” ujarnya.

Sementara itu, sebagai bentuk dukungan pemerintah untuk usaha kreatif ini, Muljadi juga mengatakan, Gubernur telah mengeluarkan surat keputusan terkait pengoptimalan lahan pekarangan rumah yang dibina oleh tiap OPD di lokasi-lokasi tertentu. Setiap OPD punya desa binaan. Tujuannya yaitu untuk memotivasi masyarakat supaya mau mengembangkan di wilayah mereka masing-masing.

” Harapan pak gubernur, dengan adanya OPD disitu otomatis bisa tertata dengan baik pengembangannya, bisa juga ke depan jadi lebih besar. Mungkin dengan melihat itu maka masyarakat lain juga bisa ikut mencontoh sehingga dia mereplikasi di wilayahnya masing-masing,” pungkas Muljady.

Dalam peninjauan, Rusli Habibie yang didampingi istri sekaligus anggota Komisi VIII DPR RI, Idah Syahidah, melakukan panen di lahan KRPL Mekar. Sayuran yang beragam nampak tumbuh subur di lahan tersebut diantaranya, bayam, kangkung, sawi, terong, cabe dan tomat. Rusli juga menyerahkan bantuan benih sayuran kepada anggota KRPL. (*/DP-02)