Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Berakhir 30 Juni, Retribusi Pasar Mulai Diberlakukan Kembali

Dulohupa.id – Kebijakan pemerintah Kabupaten Gorontalo, yang meniadakan pemungutan retribusi pasar selama tiga bulan, terhitung sejak bulan april hingga juni, secara otomatis tidak berlaku lagi, karena sudah tidak diperpanjang lagi. Dengan demikian pemungutan retribusi pasar mulai diberlakukan kembali.

Hal ini seperti yang disampaikan oleh Kepala Bidang (Kabid) Pasar Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Kabupaten Gorontalo Rahmanto Lahili, saat dikonfirmasi oleh awak Dulohupa.id pada Senin (13/07) diruang kerjanya.

Dijelaskan oleh Manto panggilan akrab Kabid Pasar, hasil rapat bersama instansi terkait, kebijakan dalam meniadakan retribusi pasar tidak diperpanjang lagi, mengingat perputaran ekonomi daerah yang saat ini sudah tidak stabil lagi.

Pasalnya dikatakan oleh Kabid Pasar, sejak virus corona mewabah di Gorontalo, banyak anggaran daerah yang terserap untuk menanggulangi pencegahan penyebaran Covid-19, yang sangat meresahkan masyarakat.

“Dengan tidak diperpanjangnya kebijakan pemerintah daerah terkait peniadaan retribusi, maka secara otomatis diberlakukan kembali pemungutan retribusi pasar tersebut, ” ungkapnya.

Ditanyakan apakah pemerintah dalam hal ini Dinas Perindag sudah mengeluarkan edaran baru terkait hal itu, secara tehas Manto Lahili mengatakan tidak perlu ada edaran baru, karena dalam edaran yang dikeluarkan sebelumnya hanya berlaku hingga 30 Juni 2020.

“Tidak perlu ada edaran baru. Karena masa berlakunya hanya tiga bulan. Jadi masuk 1Juli pemungutan retribusi secara otomatis berlaku kembali. Jadi pengelola silahkan melakukan penagihan, dan setorannya sesuai dengan apa yang telah disepakati awal, oleh masing-masing pengelola pasar itu sendiri,” pungkasnya. (*/Dhedy)