Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

- Advertisement -

Begini Agar Menggelar Hajatan di Tengah Pandemi Diizinkan Pemerintah

Dulohupa.id- Sekretaris Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Pohuwato, Ramon Abdjul, mengingatkan kepada masyarakat yang ingin meminta izin untuk menyelenggarakan hajatan, mesti memenuhi syarat protokol kesehatan.

Karena mengacu pada Peraturan Bupati Pohuwato Nomor 52 tahun 2020 tentang Pendisipilnan dan Penegakan Protokol Kesehatan, terang Ramon lagi, kuota undangan harus dibatasi; 50 maksimal orang yang bisa hadir jika hajatan dilaksanakan di dalam ruangan atau gedung, dan 100 orang maksimal yang bisa hadir saat hajatan dilaksanakan di luar gedung.

“Jika penyelenggara kegiatan/hajatan tidak mampu memenuhi aturan tadi, maka gugus tugas tidak dapat mengeluarkan atau memberikan rekomendasi, dan jika tidak mendapatkan rekomendasi dari gugus tugas, maka pihak kepolisian tidak akan memberikan izin kegiatan” ujar Ramon kepada Dulohupa.id melalui saluran telpon, Selada (3/11).

Pada intinya, menurut Ramon, segala aktivitas yang dilaksanakan oleh masyarakat harus mengedepankan protokol kesehatan.

“Hajatan pesta di suasana pandemi harus mematuhi protokol kesehatan, terlebih lagi bagi undangan yang hadir, harus menerapkan prokes seperti memakai masker, mencuci tangan, dan selalu menjaga jarak,”

Kepatuhan masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan ini, kata Ramon, dapat membantu pemerintah untuk terus mencegah penyebaran COVID-19 dan mencegah kluster baru bermunculan.

“kami berharap masyarakat tetap mematuhi prokes; menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan,” imbuh Ramon.

*Catatan: Bersama lawan virus corona. Dulohupa.id mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan, ibu, 3M (pakai Masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).
*Liputan untuk Program Fellowship Perubahan Perilaku Kolaborasi Dewan Pers dan Satgas Pencegahan Covid-19.
Reporter: Zulkifli Mangkau