Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Anggaran Terbatas, HP Ajukan Perbaikan Infrastruktur ke Pemerintah Pusat

Dulohupa.id – Pemerintah Kabupaten Bone Bolango mengajukan permintaan bantuan perbaikan infrastruktur terdampak banjir ke Pemerintah Pusat. Langkah ini diambil karena sejumlah fasilitas umum yang rusak akibat banjir bandang kamis (11/6), termasuk dalam Daerah Aliran Sungai (DAS) Bone, yang merupakan kewenangan Pemerintah Pusat.

“Ada 60.000 warga sangat menggantungkan ekonomi, pendidikan dan kesehatannya di jembatan molintogupo yang runtuh kemarin. Ada jembatan Bulobulontu yang sudah tidak layak untuk di pakai. Jembatan tinemba yang menghubungkan suwawa timur dengan suwawa selatan. Jembatan poduwoma tulabolo yang menghubungkan suwawa timur  dengan pinogu. Karena itu kami berharap kepada pemerintah pusat karna jembatan tersebut terletak di Daerah Aliran Sungai Bone yang menjadi kewenangan pemerintah pusat,” Ujar Hamim saat di wawancarai awak media saat melakukan peninjauan masyarakat yang tedampak banjir di Kecamatan Botupingge. Sabtu,(13/6).

Lebih lanjut Hamim mengatakan, dengan ditanganinya 5 jembatan, tebing dan pembuatan Bronjong di sepanjang DAS Bone bisa membantu meringankan beban Bone Bolango, yang saat ini mulai mengalami kekurangan anggaran, akibat Pandemi Covid-19, Banjir dan pembiayaan penyelenggaraan Pilkada taun 2020.

“Ditengah keterbatasan anggaran Pemerintah Daerah yang saat ini menghadapi Covid-19, Banjir, dan Pilkada yang menguras banyak anggaran. Uluran tangan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat kami sangat-sangat butuhkan di Kabupaten Bone Bolango”. Tandasnya. (ERIK)