Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

22.489 Warga Terdampak Banjir di Kabupaten Bone Bolango dan Kota Gorontalo

Dulohupa.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Gorontalo melansir data terbaru, dampak bencana banjir yang melanda sejumlah kecamatan di Kabupaten Bone Bolango dan Kota Gorontalo, kamis (11/6). Sedikitnya 38 desa di 7 kecamatan di Kabupaten Bone Bolango dan 6 Kelurahan di Kota Gorontalo yang direndam banjir. Jumlah warga yang terdampak banjir hingga saat ini mencapai 22.489 jiwa.

“Di Kabupaten Bone Bolango sebanyak  38 Desa di tujuh Kecamatan terendam banjir dengan total jiwa terdampak sebanyak 8.721, sementara di Kota Gorontalo ada 6 kelurahan yang terendam dengan total jiwa yang terdampak sebanyak 13.768. Sejauh ini Pemerintah daerah Bone Bolango maupun Kota Gorontalo sudah menyiapkan dapur umum dan mengungsikan para warga yang rumahnya terendam,” ujar Kepala BPBD Bone Bolango, Gagarin Hunawa saat ditemui sejumlah awak media belum lama ini.

Lebih lanjut Gagarin mengatakan, saat ini pihaknya juga telah menyiagakan para tenaga medis di lokasi pengungsian untuk memantau kondisi kesehatan warga. Gagarin juga mengatakan, selain merendam rumah, bencana banjir akibat luapan sungai Bone juga membuat sebuah jembatan penghubung antara dua kecamatan ambruk diterjang air. (Jebeng)