Untuk Indonesia

Akhir November 2021, 55,54 Persen Warga Gorontalo Telah Divaksinasi

Dulohupa.id- Hingga akhir November 2021, berdasarkan Dashboard Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) pada aplikasi P-Care, dari total sasaran 938.409 warga yang menjadi target vaksinasi di Gorontalo, sebanyak 55,54% telah di vaksin dosis pertama dan 31,10% dosis kedua.

Karena itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo Yana Yanti Suleman berharap, pemerintah kabupaten dan kota lebih gencar melakukan vaksinasi dan membuka sentra-sentra vaksinasi Covid-19.

“Hal ini perlu dilakukan agar target cakupan vaksinasi di akhir tahun 2021 bisa bisa tercapai” ucapnya

Yana juga meminta agar tenaga kesehatan yang bertugas sebagai Vaksinator bekerja sesuai SOP.

“Bekerja sesuai SOP agar aman dan bagi Nakes petugas Vaksinator untuk selalu menjaga kesehatan” ungkap Yana.

Sementara itu, dari data yang ada salah satu wilayah Puskesmas yang masih rendah cakupan vaksinasi Covid-19 adalah Puskesmas Buhu. Hal itu disebabkan oleh masih kurangnya pengetahuan masyarakat terkait vaksinasi.

“Awal pelaksanaan vaksinasi masih banyak masyarakat yang tidak mau divaksin, tetapi dengan sosialisasi dan edukasi masyarakat di wilayah Puskesmas Buhu mulai antusias datang ke lokasi vaksinasi seperti yang kita lihat saat ini di Desa Mootilango” jelas Aprilia Jamadi di sela-sela pelaksanaan vaksinasi, Kamis (18/11/2021) di Depan Kantor Desa Motilango.

Aprilia juga menjelaskan dalam vaksinasi ini keterlibatan dan dukungan lintas sektor sangat penting dalam mengajak masyarakat untuk berpartisipasi mengikuti vaksinasi.

“Kami berkoordinasi dengan pemerintah desa dan TNI-POLRI untuk membuka lokasi vaksinasi Covid-19 di desa dan ini mendapat sambutan yang sangat baik dari masyarakat” pungkasnya.

Di Kabupaten Gorontalo sendiri data cakupan vaksinasi dari total sasaran 316.701 jiwa yang sudah divaksin dosis pertama sebanyak 53,63% dan dosis kedua mencapai 27,02%. Sedangkan di wilayah Puskesmas Buhu yang membawahi 5 desa telah berhasil melakukan vaksinasi dosis pertama sebanyak 33,17% dan dosis kedua 16,55% dari total sasaran 10.807 jiwa.

**

 

Comments are closed.