Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

34 Ribu Bidang Tanah di Bone Bolango, Belum Bersertifikat

Dulohupa.id –  Badan Pertanahan Nasional (BPN) kembali mengeluarkan serifikat baru kepada warga Kabupaten Bone Bolango. Hingga tahun 2020, total jumlah bidang tanah yang telah tersertifikasi secara resmi di Kabupaten Bone Bolango telah mencapai 34 ribu. Penyerahan sertifikat diserahkan langsung oleh Bupati Bone Bolango, Hamim Pou.

“Jika sudah bersertifikat maka amanlah tanah kita, bisa menambah aset, dan tentu bisa jadi agunan pinjaman di bank,” ujar Bupati Bone Bolango, Hamim Pou.

Selain dihadiri oleh Bupati Bone Bolango, Penyerahan sertifikat tanah untuk masyarakat turut hadir Forkopimda Bone Bolango, Kepala Badan Pertanahan Nasional Bone Bolango Zufran Amuati, SH , Assisten II Tanwir Ali, Assisten III Iwan Mustafa, para kepala OPD dan perwakilan masyarakat yang menerima secara simbolis sertifikat melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Dalam sambutannya, Bupati Hamim menyampaikan bahwa penyerahan sertifikat tanah pada hari ini sangat penting bagi masyarakat Bone Bolango.

“Mengingat wilayah kita sekitar 16,5 % dari luasan Provinsi Gorontalo terdiri dari 165 Desa dan Kelurahan,akan tetapi hampir 70% wilayah Bone Bolango berada di kawasan hutan TNBW dan dengan adanya sertifikat tanah ini dapat meningkatkan manfaat tanah,karena bisa dijadikan kelengkapan persyaratan untuk mendapatkan modal usaha,”ujarnya.

Dikesempatan lain Kepala Badan Pertanahan Nasional Bone Bolango Zufran Amuati, SH mengatakan pelaksanaan PTSL tahun 2020 di Kabupaten Bone Bolango mendapatkan target sertifikat hak atas tanah sebanyak 2000 bidang tanah dan sampai dengan saat ini sebanyak 1372 bidang telah selesai dan akan dibagikan kemasyarakat dan secara simbolis akan diserahkan kepada 5 (lima) orang penerima sertifikat.

“Penyelesaian PTSL di kantor Pertanahan Bone Bolango secara umum telah berjalan baik dan lancar,hari ini akan diserahkan secara simbolis kepada 5 orang penerima sertifikat . Sebanyak 1372 sertifikat hak atas tanah telah selesai dan akan dibagikan kepada masyarakat dan sisanya sebanyak 1367 bidang akan diserahkan setelah acara selesai,” katanya. (*/DP-02)