Scroll Untuk Lanjut Membaca
AdvertorialGORONTALOPENDIDIKAN

Wujudkan PPDB Berkualitas dan Transparansi, Kemendikbud: Jangan Ada Titip Menitip

52
×

Wujudkan PPDB Berkualitas dan Transparansi, Kemendikbud: Jangan Ada Titip Menitip

Sebarkan artikel ini
Gorontalo PPDB
Dok: BPMP Provinsi Gorontalo

Dulohupa.id – Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Gorontalo menggelar dialog khusus ponuwa Podcast usai melakukan launching Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Jenjang SMA dan SMK Provinsi Gorontalo Tahun 2024, Rabu (22/5/2024). Podcast digelar di Balroom Hotel Aston, Kota Gorontalo yang disiarkan langsung oleh Radio Republik Indonesia (RRI) Gorontalo.

Dialog ini mnegambil tema “Bersama Berintegritas, Menyediakan Akses Pendidikan Anak Bangsa melalui PPDB Berkualitas”. Adapun narasumber yang dihadirkan Sekretaris Ditjen PDM Kemendikbud Ristek, Praptono, Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo, Sofian Ibrahim, Ketua Komisi pendidikan DPRD Provinsi Gorontalo, Hamid Kuna, Serta Satgas PPDB Kemndikbud Ristek, Rahma.

Praptono menegaskan, PPDB ini telah diatur dalam Juknis dan diharusn secara transparansi. Pihak sekolah harus menyampaikan kepada publik bahwa daya tampung penerimaan siswa serta jumlah rasio.

“Sehingga ini bisa menghindari penerimaan didik baru yang menggunakan titip menitip. Ini harus dihindari,” tegas Praptono.

Dirinya juga mengapresiasi langkah BPMP Provinsi Gorontalo telah berkoordinasi dengan pemangku kepentingan agar menyiapkan pantia PPDB secara akuntabilitas, Transparansi dan akuntabilitas, Aksesibiltas dan inklusivitas.

“Semoga PPDB tahun ini bisa berjalan lancar dan jauh lebih baik lagi,” harap Praptono.

Ditjen PDM juga memaparkan penerapan zonasi dalam PPDB. Sistem zonasi artinya akan memprioritaskan penerimaan siswa berdasarkan jarak rumah siswa dengan sekolah. Siswa berhak untuk bersekolah dengan jarak dekat jika rumah mereka dekat dengan sekolah.