Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Warga di Gorontalo, Hibahkan Tanah 1,5 Hektar Untuk Pemakaman Pasien Covid-19

Dulohupa.id– Sikap Ridwan Isa, salah seorang warga Desa Poowo, Kecamatan Kabila, Kabupaten Bone Bolango nampaknya perlu menjadi contoh bagi seluruh warga Indonesia. Ridwan menyumbangkan sepetak tanah miliknya pribadi seluas 1 hektare, untuk dijadikan pemakaman umum bagi pasien meninggal Covid-19. Alasannya sederhana, Ridwan mengaku prihatin karena beragam peristiwa penolakan sejumlah oknum warga yang tidak menerima pasien meninggal atau PDP Covid-19 di lingkungan tempat tinggal mereka.

“Hati saya tergerak untuk menghibahkan tanah ini sebagai pemakaman jenazah covid-19. Setelah melihat sebuah pemberitaan di media tentang penolakan warga saat pemakaman seorang jenazah pasien Covid-19, kasian keluarga jenazah sudah terkena musibah, saat mau memakamkan saja mereka tetap kesulitan,” ujarnya.

Setelah melihat pemberitaan itu, Ridwan mengaku langsung berinisiatif untuk menghubungi pemerintah setempat, terkait niatnya untuk menghibahkan tanahnya sebagai lokasi pekuburan pasien Covid-19.

Niat baik Ridwan langsung mendapat respond dari Pemerintah Kabupaten Bone Bolango. Bupati Bone Bolango Hamim Pou langsung memerintahkan sejumlah instansi terkait, untuk melakukan pembersihan di lahan itu, sekaligus membangun pagar sebagai pembatas area pemakaman.

Rencananya, selain menjadi lokasi pemakaman pasien meninggal Covid-19 ataupun pasien meninggal PDP Covid-19, hibah tanah dari RIdwan Isa ini juga akan dijadikan tempat pemakaman jenazah umum dan non muslim. (DP-02)