Scroll Untuk Lanjut Membaca
PEMPROV GORONTALOWISATA

Wapres RI Dorong Pengembangan Wisata Halal di Gorontalo

330
×

Wapres RI Dorong Pengembangan Wisata Halal di Gorontalo

Sebarkan artikel ini
Wisata Halal Gorontalo
Wapres Ma’ruf Amin didampingi Penjagub Hamka Hendra Noer saat meninjau stand UMKM yang dihadirkan pada kegiatan pengukuhan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Provinsi Gorontalo. Foto: Diskominfotik

Gorontalo – Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI) KH Ma’ruf Amin mendorong pengembangan wisata halal di Provinsi Gorontalo. Hal itu disampaikannya saat meninjau stand UMKM yang dihadirkan pada kegiatan pengukuhan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Provinsi Gorontalo, di Hotel Aston, Kota Gorontalo, Jumat (14/4/2023).

Ma’ruf menjelaskan, wisata halal diperlukan perbaikan pelayanan pariwisata ramah muslim, pengembangan industri halal, dan peningkatan pendidikan guna menyediakan SDM yang profesional.

Selain wisata halal, ia juga mendorong agar Gorontalo mengembangkan produk UMKM halal. Menurutnya, Gorontalo memiliki potensi di sektor pertanian, perkebunan dan kelautan. Sehingga perlu didalami pengembangan sentra industri halal, guna menciptakan hilirisasi pada sektor – sektor tersebut.

“Salah satu komoditas primadona ekspor Gorontalo adalah jagung. Jadi saya kira perlu didorong hilirisasinya dalam rangka pengembangan industri produk halal, utamanya dengan menggandeng UMKM. Terlebih Gorontalo adalah Serambi Madinah,” ungkap Ma’ruf Amin

Serta yang tak kalah penting, kata Wapres, adalah percepatan sertifikasi halal bagi UMKM, termasuk sertifikasi halal bagi pemotongan hewan (rumah potong hewan). Ma’ruf menyebut Zona kuliner halal, aman dan sehat atau yg disebut zona khas juga perlu dibentuk sejalan dengan program pengembangan wisata halal di Gorontalo.

“Di bidang industri jasa dan keuangan syariah, saya mendapatkan laporan bahwa telah ada MoU antara Kabupaten Gorontalo dengan Bank Syariah Indonesia terkait pemanfaatan fasilitas dan jasa perbankan syariah ke depan. Saya kira ini perlu diperluas di kabupaten/kota lainnya. Saya juga mengapresiasi inisiatif Pemprov Gorontalo yang telah membentuk koperasi Syariah Al-Madani,” tuturnya.

Adv