Untuk Indonesia

UNG Gandeng Kabupaten Pohuwato Jadi Daerah Kawasan Ekonomi Khusus Teluk Tomini

Dulohupa.id – Universitas Negeri Gorontalo (UNG) menggandeng Pemerintah Kabupaten Pohuwato menjadi bagian dari pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Teluk Tomini.

Hal itu ditandai dengan penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) antara Pemerintah Kabupaten Pohuwato bersama UNG sebagai penggagas KEK di wilayah Teluk Tomini, pada Senin (17/1/2022) siang tadi di Ruang Pola, Kantor Bupati Pohuwato.

Bupati Pohuwato Saipul Mbuinga menyamapaikan, gagasan yang dibawa oleh pihak UNG sangatlah membantu pemerintah dalam hal peningkatan perekonomian masyarakat di Bumi Panua.

“Tentunya ini penting untuk daerah kita dalam hal percepatan perekonomian di Kabupaten Pohuwato,” ungkapnya

Baca Juga:  Fakta Dibalik Kasus Penganiayaan Bocah Asal Kotamobagu yang Tewas di Gorontalo

Saipul juga menjelaskan, MoU yang telah di tandatangani akan di tindaklanjuti dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS). Untuk itu pihaknya sangat  mengapresiasi keseriusan dan perhatian dari civitas akademika UNG dalam pengembangan kesejahteraan masyarakat Bumi Panua.

“InsyaAllah upaya maksimal UNG dapat membantu daerah kita segera terwujud dan secepatnya PKS itu bisa di tandatangani seminggu lagi,” imbuhnya

Sementara itu, Kepala Badan Penelitian, Perencanaan dan Pengembangan (Baperlitbang) Kabupaten Pohuwato Irfan Saleh menjelaskan, MoU yang di tandatangani terkait gagasan pihak UNG yang akan menjadikan Pohuwato sebagai kawasan ekonomi khusus teluk tomini.

Baca Juga:  Satlantas Polres Pohuwato Rutin Gelar Razia Pelanggaran Lalu Lintas 

Yang mana kata Irfan, menurut UNG Kabupaten Pohuwato memegang posisi strategis, sehingga mereka menginginkan Pemkab Pohuwato memiliki rencana-rencana detail yang bisa diperjuangkan bersama untuk menjadi kawasan ekonomi khusus.

“Ini akan di tindak lanjuti dengan penandatanganan PKS antara UNG dan dinas terkait, misalnya antara Fakultas Pertanian dengan Dinas Pertanian, Fakultas Perikanan dengan Dinas Perikanan, tentu mendesain apa yang paling tepat untuk mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Pohuwato,” Pungkasnya

Reporter: Hendrik Gani

Comments are closed.