Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

- Advertisement -

Training Cek Fakta AMSI Gorontalo Akan Perketat Penerapan Prokes

DULOHUPA.ID- Menggelar kegiatan Training Cek Fakta Pilkada 2020 di tengah pandemi, Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Provinsi Gorontalo akan menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat.

Kegiatan yang digelar bersama Google News Initiative (GNI) itu rencananya akan diadakan di Hotel Damhil, Senin (16/11), dan akan dibuka langsung oleh Rektor Universirtas Negeri Gorontalo, Edwar Wolok.

Koordinator kegiatan, Lukman Polimengo menjelaskan, jauh sebelum kegiatan digelar, pihaknya telah menyebarkan formulir pendaftaran. Data sementara pesertanya dari kalangan mahasiswa, wartawan, dari KPU, Bawaslu, serta Dinas Kominfo Provinsi Gorontalo.

“Kegiatan Training Cek Fakta rencananya akan dibuka oleh Rektor UNG, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Untuk itu kepada peserta yang akan hadir langsung di Hotel Damhil, kita menghimbau untuk mentaati protokol kesehatan, dengan mengenakan masker selama kegiatan,” kata Lukman.

Sementara Ketua AMSI Gorontalo, Verriyanto Madjowa menjelaskan, bahwa kegiatan tersebut sangat urgen dilakukan mengingat saat ini masih dalam momen pilkada. Sebab kata dia, output dari kegiatan tersebut adalah, masyarakat nantinya bisa memverifikasi pernyataan pasangan calon pilkada. Data-data yang nantinya disampaikan oleh masing-masing pasangan calon, nantinya bisa diverifikasi kebenarannya atau keakuratannya.

Nantinya kata dia, AMSI Gorontalo akan melibatkan kalangan akademisi dan perwakilan lembaga riset agar bisa membantu tim cek fakta melakukan verifikasi pernyataan para paslon dalam debat kandidat pilkada.

“Tim pemeriksa fakta nantinya akan mengambil sumber data atau informasi yang relevan untuk memverifikasi klaim politikus. Kami juga akan memastikan narasumber yang akan melakukan klarifikasi klaim memiliki kredibilitas dan kompetensi yang jelas,” pungkas Verriyanto.

*Catatan: Bersama lawan virus corona. Dulohupa.id mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan, ibu, 3M (pakai Masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).
Reporter: Mega