Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

- Advertisement -

Termin Kedua Bantuan Subsidi Upah Akan Cair di Pekan Kedua November 2020

DULOHUPA.id- Kabar baik untuk para pekerja yang terkena kebijakan pemutusan hubungan kerja (PHK), serta yang masih bekerja namun mengalami pemotongan upah akibat terdampak pandemi COVID-19. Sebab, kelompok pekerja ini akan mendapatkan subisidi dari pemerintah.

Mereka yang bekerja menerima subsidi penerima upah dengan target 13 juta orang. Jumlah ini diperkirakan akan terserap hingga akhir tahun 2020. Sedangkan bagi korban PHK mendapat subsidi melalui kartu prakerja sebanyak 38 juta orang.

“Yang sudah menerima sebanyak 5,6 juta orang. Saat ini kami sedang berbicara dengan Menteri Keuangan untuk penambahan anggaran karena permintaan (demand) masih tinggi,” ujar Menteri Koordinator Ekonomi Airlangga Hartarto

Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah mengatakan berdasarkan data Kementerian Tenaga Kerja yang terkena PHK akibat pandemi COVID-19 sebanyak 2,1 juta orang. Pemerintah memberikan bantuan subsidi gaji atau upah per 23 Oktober 2020 diberikan kepada 12.192.927 pekerja (98,30%) atau sebesar Rp14,6 triliun.

Adapun penyaluran termin kedua bakal dilakukan pada minggu pertama bulan November 2020 dengan dua bulan subsidi gaji sebesar Rp1,2 juta. Termin kedua bulan November dan Desember sebesar Rp1,2 juta.

Tahap pertama sudah 99,43%, tahap kedua 99,38%, tahap ketiga 99,32%, tahap keempat 99,04%, dan tahap kelima 97,39%.

“Saya menyaksikan sendiri teman-teman pekerja yang dapat program subsidi atau upah mereka merasakan kehadiran negara dalam kondisi mereka mengalami pengurangan upah,” kata Ida Fauziyah.

*Catatan: Bersama lawan virus corona. Dulohupa.id mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan, ibu, 3M (pakai Masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).
Editor