Scroll Untuk Lanjut Membaca
HEADLINENASIONALPemilu 2024

Tangkal Hoax Pemilu, AMSI Gelar Pelatihan Cek Fakta bagi Jurnalis

90
×

Tangkal Hoax Pemilu, AMSI Gelar Pelatihan Cek Fakta bagi Jurnalis

Sebarkan artikel ini
Pelatihan Cek Fakta
Suasana pembukaan kegiatan pelatihan Cek Fakta yang digelar Asosiasi Media Siber Indonesia di Kota Makassar. Foto/Dulohupa

Dulohupa.idAsosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) didukung Google News Initiative (GNI) menggelar pelatihan cek fakta untuk menangkal hoax dalam Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024. Pembekalan keterampilan cek fakta digelar di Claro Hotel, Makassar mulai 14-16 November 2023.

Adapun peserta pelatihan diikuti 31 orang Jurnalis perwakilan media yang merupakan anggota AMSI tersebar di wilayah Indonesia Timur. Diantaranya Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku, Maluku Utara, Gorontalo, dan Papua.

Pelatihan cek fakta mengangkat tema “Melawan Disinformasi dan Misinformasi Jelang Pemilu 2024”. Training ini menghadirkan dua trainer Cek Fakta dari Sulawesi Selatan, Rony Adolf Buol sekaligus Pemimpin Redaksi Zona Utara dan Zainal Abidin, Fact Checker Tempo.

Wakil Ketua Umum AMSI, Upi Asmaradhana saat membuka kegiatan menjelaskan, kegiatan ini bertujuan membekali para jurnalis mengantisipasi serta mendeteksi informasi hoax yang tersebar di masyarakat melalui media sosial.

“Tentunya di masa politik seperti ini, banyak muncul informaai hoax yang bisa menggangu pesta demokrasi. Hal ini harus ditangkal oleh para jurnalis dan memberikan fakta sebenarnya kepada masyarakat,” Ujar Upi Asmaradhana.

Ia berharap para peserta kegiatan dapat mengikuti pelatihan sebaik-baiknya karena training ini dapat bermanfaat bagi semua orang.

Pelatihan ini juga merupakan kerja sama koalisi antara Mafindo, AMSI, dan AJI di bawah dukungan Google News Initiative.

Dalam agenda hari pertama dan kedua, para peserta akan mendapat materi Prebunking dan Debunking. Pada hari terakhir, para peserta akan membuat kontent mencari fakta informasi di daerah masing-masing peserta.

Selain pelatihan bagi jurnalis, AMSI juga menggelar pelatihan Green Growth Journalism atas dukungan BBC Media Action yang diikuti mahasiswa, komunitas lingkungan dan influencer. Isu penting yang dibahas dalam kegiatan itu mengenai isu lingkungan di daerah.

Reporter: Yono