Untuk Indonesia

Tahun 2021, Persentase Akses Sanitasi di Pohuwato Mulai Membaik

Dulohupa.id– Kepala Bappeda Pohuwato, Irfan Saleh mengungkapkan, bahwa seiring waktu persentase sanitasi di kabupaten tersebut berangsur baik. Pada 2021 tercatat berada di angka 75 persen.

Padahal katanya, persentase sanitasi di kabupaten dengan sebutan Bumi Panua tersebut pernah berada di angka terendah, yakni 46 persen, ditandai dengan praktik Buang Air Besar sembarangan (BABs) masih tinggi.

Ia pun membeberkan, bahwa keberhasilan kabupaten tersebut dalam menaikan persentase sanitasi tidak lain adalah berkat peran pemerintah setempat dalam mengintervensi persoalan tersebut.

Yakni melalui kegiatan perbaikan jamban dan pengelolaan tinja secara berkala. Intervensi itu dilakukan, agar dapat memperbaiki sanitasi yang baik di tempat tinggal masyarakat.

“Berkat upaya pembangunan jamban dan perbaikan pengelolaan tinja, sanitasi kita pada tahun 2021 ini berada di angka 75 persen,” ujarnya belum lama ini.

Ia pun merincikan, penanganan pengelolaan tinja di sejumlah rumah warga miskin di wilayah tersebut telah mencapai 75 persen.

“Dan akan kita dorong juga desa dan OPD terkait untuk menangani itu. Karena persoalan ini menjadi satu indikator standar pelayanan minimal yang harus dicapai dalam penanganan dan pencegahan stunting,” jelas Irfan lagi.

Irfan menambahkan, semakin membaiknya sanitasi dalam lingkungan masyarakat dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat, juga memutus mata rantai yang menjadi penyebab adanya stunting di Pohuwato.

“Kalau dilihat dari progres pencapaian dari 2020, sudah bagus. Kita start awalnya dari 46 persen ke 75 itu capaian yang sangat bagus. Intervensinya pembangunan jamban juga didorong dari pemerintah desa, dinas perkim dan dikes. Dan kita juga akan merencanakan ke tahap pencapaian 100 persen agar sanitasi tertangani di Pohuwato melalui RPJMD nanti,” tutupnya.

Reporter: Zulkifli Mangkau

Comments are closed.