Untuk Indonesia

Menindaklanjuti LKPJ Bupati Blitar Tahun 2020, DPRD Blitar Segera Bentuk Pansus

Dulohupa.id-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blitar akan segera membentuk panitia khusus (pansus) sebagai respon terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Blitar tahun anggaran 2020.

Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Suwito Saren Satoto menyampaikan hal itu usai Rapat Paripurna dengan agenda tentang Penyampaian Penjelasan Bupati Terhadap LKPJ Bupati Blitar tahun anggaran 2020, Senin (8/2).

“Selanjutnya kita akan membentuk pansus untuk menentukan sikap apa yang akan diambil terkait LKPJ, selambat -lambatnya tiga bulan setelah tutup bulan atau bulan Maret 2021 ini kita akan bersikap,” kata Suwito.

Sementara sikap yang akan diambil oleh dewan, kata Suwito nantinya akan diserahkan kepada hasil rapat pansus tersebut.

“Nanti kita serahkan kepada pansus untuk menyikapi apa itu PAD, IPM, bagaimana pertumbuhan ekonomi dan penanggulangan COVID-19,” pungkasnya.

Sebelumnya, Bupati Blitar, Rijanto dalam rapat paripurna yang dipimpin oleh Suwito Saren itu menyampaikan, bahwa substansi LKPJ merupakan hasil evaluasi capaian kinerja pembangunan tahunan Kabupaten Blitar yang tertuang dalam RKPD Kabupaten Blitar tahun 2020.

Lebih jauh ia menyampaikan, tema pembangunan Kabupaten Blitar sesuai Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 47 tahun 2020 tentang Perubahan atas Perbup Nomor 26 tahun 2019 tentang RKPD Kabupaten Blitar tahun 2020 adalah, “Peningkatan standar kualitas kesehatan dan pemulihan ekonomi untuk menjaga ketahanan dan kesejahteraan masyarakat”.

“Adapun prioritas pembangunannya, yakni peningkatan kesehatan masyarakat menuju new normal, penanggulangan kerentanan sosial melalui penguatan jaring pengaman sosial, pemulihan ekonomi daerah melalui perlindungan usaha mikro, kecil dan koperasi yang berbasis pertanian dan pariwisata, serta fasilitasi pilkada periode 2021-2024,” tambahnya.

Dalam paparannya, Rijanto juga menyampaikan, bahwa proyeksi pendapatan tahun 2020 pada Anggaran Setelah Perubahan Rp.2.184.722.694.458,69 dapat terealisasi Rp.2.255.835.919.921,50 atau ada kelebihan capaian sebesar Rp.71.113.225.462,81. Hal ini bermakna pada tahun anggaran 2020, capaian pendapatan berada di angka 103,26 persen.

Adapun dalam rapat tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Suwito Saren Satoto didampingi Wakil Ketua DPRD, Abdul Munib, Susi Narulita, Mujib, dan dihadiri oleh Anggota DPRD Kabupaten Blitar.

Sementara Bupati Blitar, Rijanto mengikutinya secara virtual, didampingi sejumlah asisten dan kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kantor Pemerintah Kabupaten Blitar di jalan Kusuma Bangsa Kanigoro.

Reporter: Sony Irawan

Comments are closed.