Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Tahapan Pilkada 2020 Dilanjutkan, KPU Bone Bolango Tunggu Regulasi

Dulohupa.id – Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 dipastikan bakal kembali bergulir. Kepastian ini didapatkan setelah dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara KPU RI, Bawaslu RI, DKPP RI, Mendagri, dan Komisi II DPR RI belum lama ini, disepakati soal kelanjutan pelaksanaan tahapan Pilkada di seluruh Indonesia. KPU Bone Bolango sendiri sebagai salah satu penyelenggara Pilkada yang ada di Gorontalo, masih menunggu regulasi resmi yang nantinya akan dikeluarkan oleh KPU RI.

“Pilkada pasti akan di lanjutkan, karena ini sudah di sepakati melalui RDP antara KPU RI, BAWASLU RI, DKPP, Mendagri dan DPR RI Komisi II bahwa Pilkada 2020 akan dilanjutkan,” Ujar Adnan Berahim, Ketua KPU Kabupaten Bone Bolango saat ditemui, jumat (6/6).

Lebih lanjut Adnan menungkapkan, untuk waktu pelaksaan lanjutan tahapan Pilkada, rencananya akan dilaksanakan mulai 15 juni 2020, dengan mengedepankan protocol kesehatan.

“Opsi kapan di mulai pelaksanaan tahapan, dikabarkan pada RDP itu, paling cepat tanggal 6 paling lambat tanggal 15. Tetapi kami masih menunggu regulasi resmi dari KPU RI terkait tahapan lanjutan Pilkada 2020. Untuk pelaksanaannya disampaikan akan dilaksanakan dengan protokol kesehatan.” Tandasnya.

Sebelumnya, tahapan Pilkada 2020 sempat tidak jelas kelanjutannya. Hal ini setelah seluruh daerah di Indonesia, dilanda pandemic Covid-19. (ERIK)