Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Syarif Mbuinga Paparkan Keberhasilannya Membangun Desa di Pohuwato Ke Mendes PDTT

Dulohupa.id – Bupati Kabupaten Pohuwato, Syarif Mbuinga, memaparkan keberhasilannya dalam membangun desa-desa di kabupaten tersebut, kepada Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), dalam acara Deklarasi Forum Pemuka Masyarakat Cinta Desa (For Peace), di desa Banuroja, Kabupaten Pohuwato, Sabtu (19/9).

Dalam penyampaiannya, Syarif mengatakan, dalam kepemimpinan terjadi tren peningkatan pembangunan desa-desa di Kabupaten Pohuwato. Salah satunya dilihat dari turunnya angka kemiskinan yang sebelumnya pada 2015 masih berada di angka 22,48 persen, di 2019 berada di angka 18,16 persen.

“Pemda optimis peningkatan ekonomi di daerah terus bergerak, dan angka kemiskinan Pohuwato pada tahun 2015 sebesar 22, 48 persen berkat kolaborasi pemerintah kabupaten, desa dan melalui para pendamping desa, pada tahun 2019 telah mampu menurunkan angka kemiskinan menjadi 18,16 persen,” katanya.

Tidak hanya itu, kata Syarif, dalam Indeks Desa Membangun (IDM), pada tahun 2015 terdapat desa 39 desa tertinggal di Pohuwato, namun, di tahun 2020 turun menjadi 18 desa. Meski tantangan ke depan kata Syarif, adalah menciptakan desa yang masuk dalam kategori desa mandiri.

“Kemudian desa berkembang di tahun 2016 sebanyak 55 desa, meningkat menjadi 64 desa, dan desa maju pada tahun 2015 sebanyak 7 desa, dan di tahun 2020 menjadi 19 desa. Kami berharap, di tahun 2021 nanti, di Pohuwato sudah ada desa yang masuk kategori desa mandiri,” terang Syarif dalam penyampaian.

Adapun semua keberhasilan itu, berkat semangat dari para kepala desa, para pendamping desa dalam membangun desa. “Apalagi ke depan nanti kami akan juga ditunjang dengan Pokja desa yang telah dibentuk oleh Rektor UNG, semoga ini menjadi semangat untuk terus membangun desa, dan menjadikan desa menjadi desa yang mandiri. Semoga dengan semangat ini pula, ke depan kita tetap berkomitmen membangun desa, untuk kehidupan bangsa yang lebih baik,” tutup Syarif.

Reporter: Zulkifli Mangkau
Editor  : Wawan Akuba