Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Syarif Mbuinga: UNG Mitra yang Sangat Penting Membantu Pemda Pohuwato

Dulohupa.id – Bupati Pohuwato, Syarif Mbuinga, memuji Universitas Negeri Gorontalo (UNG), Sabtu (19/9). Sebab, sebagai instituti pendidikan tinggi, UNG telah banyak membantu pembangunan di Kabupaten Pohuwato.

“UNG telah banyak membantu pemerintah kabupaten dalam membangun daerah, tentunya melalui riset ilmiah mereka,” terang Syarif dalam acara Deklarasi Forum Pemuka Masyarakat Cinta Desa (ForPeace) yang diprakarsai oleh UNG, yang dilaksanakan di Desa Banuroja, Kecamatan Randangan, Pohuwato.

Selain itu juga, kata Syarif, UNG merupakan mitra yang sangat penting membantu pemerintah daerah Pohuwato dalam hal pembangunan dan penentuan kebijakan di daerah.  Bukti konkritnya adalah riset ilmiah yang dijadikan kebijakan pemerintah daerah Pohuwato, dalam menghadapi Pandemi COVID-19 sekarang ini.

“Apalagi di (masa) pandemi sekarang ini, kami banyak dibantu UNG dalam hal menentukan kebijakan daerah dalam menangani COVID-19.  Melalui riset COVID UNG tersebut, Pemda Pohuwato telah melahirkan dua mekanismen penting untuk menangani COVID-19 di daerah Pohuwato,” jelas Syarif.

Dua mekanisme penting itu, kata Syarif, adalah Pemerintah Daerah telah mengeluarkan dua peraturan bupati sekaligus. “pertama Peraturan Bupati tentang Protokol COVID-19 berbasis kearifan lokal dan kedua, Peraturan Bupati tentang Desa Tangguh dari COVID-19,”.

Dari riset ilmiah UNG itulah, pemerintah daerah Pohuwato merasa terbantu dalam menangani COVID-19 di daerah. Apalagi saat ini, ada 1.250 mahasiswa UNG yang sedang melaksanakan program KKN di 42 desa di Pohuwato.

“Para mahasiswa KKN ini, mengangkat dua tema penting, yang pertama tentang sosialisasi dan edukasi penanangan covid-19 berdasarkan protokol kesehatan, dan yang kedua tentang pencegahan stunting. Kami tentunya berharap, dengan adanya mahasiswa KKN UNG ini, dapat membantu pemerintah daerah Pohuwato,” harapnya.

Reporter: Zulkifli Mangkau
Editor  : Wawan Akuba