Untuk Indonesia

SMPN 1 Mootilango Bangun Laboratorium Alam untuk Memotivasi Siswa, Ini Desainnya

Dulohupa.id- Pihak SMPN 1 Mootilango tengah merancang laboratorium alam. Sarana prasarana itu selain sebagai penunjang belajar siswa, juga agar siswa betah belajar di sekolah. 

Kepala Sekolah SMPN 1 Mootilango, Slamet Sarjono mengungkapkan pembuatan Laboratorium alam ini bertujuan agar menciptakan suasana belajar yang lebih nyaman dan sejuk sehingga para peserta didik bisa jauh lebih termotivasi dalam kegiatan belajar di sekolah.

Meski begitu, rancangan laboratorium itu sendiri memang membutuhkan anggaran yang tidak sedikit. Karena itu, Slamet berharap pemerintah dan pihak-pihak terkait bisa memberikan support anggaran guna merealisasikan pembuatan laboratorium alam tersebut.

“Harapan kami tentu ini bisa disupport oleh pemerintah dan pihak-pihak terkait. Karena jika harus menggunakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) mungkin akan sulit untuk merealisasikan ini” tutur Slamet yang juga merupakan ketua BPD Desa Sidomulyo Selatan.

Ia pun merincikan, bahwa pihaknya membutuhkan sedikitnya anggaran sebesar Rp 50 juta untuk merealisasikan laboratorium itu. Anggaran sebesar itu kata dia meliputi pembangunan pondok baca, kolam ikan, kolam taman ikan, kebun hidroponik, green house, kebun konservasi, taman bunga, hutan sekolah, dan tempat produksi pupuk kompos. 

Pembuatan laboratorium alam ini merupakan yang pertama di Kabupaten Gorontalo, sehingga jika ini direalisasikan, maka diharapkan menjadi acuan bagi sekolah-sekolah lain terutama sekolah-sekolah di desa yang masih memiliki lahan cukup.**

Comments are closed.