Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

- Advertisement -

Sebanyak 107 Juta Warga Indonesia Disasar untuk Vaksinasi COVID-19

DULOHUPA.ID- Kementerian Kesehatan RI menargetkan 67 persen dari 160 juta warga Indonesia berusia 18 hingga 19 tahun, untuk mendapatkan vaksin COVID-19. Yakni lebih dari 107 juta orang yang disasar untuk diberi vaksin tersebut.

“Vaksin COVID-19 sampai saat ini diperuntukkan kepada sasaran umur 18-59 tahun dan sehat, antara lain tanpa komorbid, ibu hamil, dan yang sudah terkena infeksi SARS-CoV-2 sesuai rekomemdasi ITAGI (Indonesian Technical Advisory Group on Immunization),” kata Menkes Terawan pada Rapat Kerja Menkes dengan DPR Komisi 9 di Gedung DPR, Selasa (17/11).

Kata Terawan, target tersebut sudah mengakomodasi rekomendasi Scientific Advisory Group for Emergencies (SAGE) WHO yang dilakukan secara bertahap.

Pelaksanaannya nanti dilakukan pendekatan melalui dua skema, yaitu melalui vaksin program dengan sasaran 32 juta lebih orang yang membutuhkan 73,96 juta dosis. Sesuai petunjuk WHO Indicate Rate Global untuk vaksin maka wastage rate nya sebesar 15 persen.

Skema kedua melalui vaksin mandiri dengan sasaran sekitar 75 juta orang yang membutuhkan 172,6 juta dosis, dengan kebutuhan dua dosis per orang. Dan menambahkan wastage rate 15 persen.

Yang termasuk wastage rate antara lain vaksin sisa, tidak terpakai, rusak, hilang dan bisa dimanfaatkan sebagai buffer stock untuk kemungkinan kurang, kebutuhan emergency, dan relokasi antar daerah.

*Catatan: Bersama lawan virus corona. Dulohupa.id mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan, ibu, 3M (pakai Masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).
Editor