Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Satu-satunya di Gorontalo, Pasar Tani Ilomanga Akan Dikembangkan

Dulohupa.id – Jadi satu-satunya Pasar Tani di Provinsi Gorontalo, Pasar Tani Ilomanga menjadi contoh pemanfaatan dana desa yang baik dan sangat berguna dalam peningkatan kesejahteraan warga desa. Tak heran, inovasi pembangunan pasar tani yang terletak di Desa Ilomanga, Kecamatan Tabongo, Kabupaten Gorontalo itu, mendapat apresiasi langsung dari Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo. Bahkan, Nelson berjanji akan mengkoordinasikan pengembangan pasar tani itu dengan sejumlah pihak terkait, termasuk dengan pemerintah pusat.

Hal ini disampaikan oleh Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, disela kunjungannya ke Pasar Tani Ilomanga, selasa (9/6). Nelson mengaku sangat mengapresiasi para petani di Desa Ilomangga karena dapat mengembangkan sektor pertanian dalam segi tanaman sayur-sayuran, contohnya seperti sayur kangkung yang biasanya ditanam di danau, sekarang para petani memanfaatkan sawah untuk menanam sayur.

“Yang mengembirakan dari sektor pertanian ini adalah tumbuh dari rakyat karena penanaman itu mereka sendiri yang lakukan bahkan ada kreasi sendiri contohnya seperti sayuran kangkung,” ungkap Nelson

“Persatuan masyarakat Desa Ilomangga bisa dikatakan sangat kompak, karena mereka dapat membuat kelompok-kelompok tani untuk mengembangkan sektor pertanian di kawasan sendiri,” Tambahnya.

Nelson juga meminta agar informasi mengenai pasar tani ini, dapat dimasukkan pada Sistem Pasar Rakyat Digital (SIPARDI).

“Saya minta informasi ini dapat sampai ke Sistem Pasar Rakyat Digital. Sehingga ada yang melalui konvesional tetapi ada juga yang melalui online seperti SIPARDI,” harapnya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Pertanian Kabgor, Rahmat Pomalingo mengatakan, dana desa yang di bangun selama ini, dalam bentuk kolaborasi terhadap Dinas Pertanian sendiri, untuk pemerintah kabupaten Gorotnalo dalam hal ingin mengembangkan potensi pasar tani di kawasan desa Ilomanga.

“Yang pasti dinas Kabupaten ini , jadi sasaran perioritas dari semua program, baik APBN, APBD Provinsi dan APBD Kabupaten Sendiri,” tandasnya. (Dade)