Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Rusli Habibie : Bantuan Pangan Warga 15 April Harus Sudah Terrealisasi

Dulohupa.id – Sebagai bentuk perhatian pemerintah terhadap warga yang terdampak virus corona, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menegaskan bantuan pangan untuk warga harus sudah terrealisasikan pada 15 April 2020.

Hal ini ditegaskan Rusli Habibie saat memimpin rapat terbatas Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo di aula Rumah Jabatan Gubernur, Senin (06/04/2020).

“Saya minta petunjuk teknis (Juknis) agar segera diselesaikan. Kemudian datanya juga harus valid. Bantuan ini harus segera disalurkan batasnya hingga 15 April 2020 dengan data yang ada,” tegasnya.

Selain bantuan pangan, Rusli juga meminta pelaksanaan NKRI Peduli terus dilaksanakan. Rusli juga berharap seluruh pihak bersungguh-sungguh dalam menjamin kesejahteraan masyarakat.

“Kepada Dinas Kumperindag dan Dinas Sosial tolong kegiatan NKRI Peduli segera dilaksanakan. Jangan sampai punya anggaran tapi tidak jalan, padahal sudah banyak masyarakat yang terdampak dari virus corona ini,” pintanya.

Rusli menyarankan agar dalam penyusunan juknis, harus memperhatikan harga dari setiap item bahan pangan. Pasalnya dikatakan Gubernur ini dianggap perlu, mengingat umat muslim akan menghadapi bulan ramadhan dan lonjakan harga pangan. Sementara itu Kepala Bapppeda Provinsi Gorontalo, Budiyanto Sidiki menambahkan, berdasarkan data dari Dinas Sosial Provinsi Gorontalo, saat ini jumlah riil Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sebanyak 32.051. Jika sebelumnya KPM menerima bantuan uang tunai, maka saat ini dialihkan ke bantuan bahan pangan. “Kita memperluas cakupan penerima bantuan ini. Dari sisi item baramg yang mereka terima juga meningkat. Dari BPNTD Provinsi yang hanya Rp.100 ribu sekarang jadi Rp.178 ribu,” terangnya.

Terakhir dikatakan olehnya, bantuan pangan yang dikemas dalam Jaring Pengaman Sosial (JPS) terdiri dari lima jenis bahan pokok. “Rinciannya lima kilogram beras, satu kilogram minyak goreng, 30 butir telur, ikan segar atau olahan, serta satu kilogram gula semut produksi lokal Gorontalo,” tutupnya. (adv)