Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

Ramadan Tahun Ini, Tradisi Tumbilo Tohe di Kabupaten Gorontalo Ditiadakan

Dulohupa.id – Bupati Kabupaten Gorontalo, Nelson Pomalingo menegaskan bahwa di bulan Ramadan tahun ini (1441), festival tumbilo tohe (malam pasang lampu) di Kabupaten Gorontalo ditiadakan. Hal tersebut dimaksutkan untuk menekan penyebaran covid-19 di Gorontalo.

“Saya tegaskan, tidak ada festival tumbilo tohe. Kita berharap, malam hari itu kita (red: masyarakat) istirahat, Ini semua demi rakyat, bukan pemerintah, supaya selamat dari virus corona ini,” tegas bupati bergelar profesor itu. Senin (11/05/2020).

Tumbilo tohe sendiri merupakan salah satu tradisi masyarakat Gorontalo yang dilaksanakan pada 3 malam terakhir menjelang hari raya Idul Fitri. Setiap tahunnya, tradisi tumbilo tohe rutin dilaksanakan hingga dijadikan festival oleh pemerintah daerah, baik tingkat provinsi, maupun kabupaten/kota. Biasanya, kegiatan tersebut juga diisi dengan berbagai macam lomba keagamaan (Islam).

Selain tumbilo tohe, ada beberapa tradisi lainnya juga yang sudah tidak dilaksanakan di Kabupaten Gorontalo, untuk menghindari penyebaran Covid-19 di kalangan masyarakat. Tradisi-tradisi tersebut di antaranya, malam qunut, dan pasar senggol (pasar malam).

Dua kegiatan ini biasanya dimulai pada petengahan bulan suci Ramadan, tepatnya pada malam ke-16. Hanya saja, malam qunut berlangsung selama tiga hari, sedangkan pasar senggol sampai akhir Ramadan, atau hingga malam Idul Fitri. (Dedi.H)