Scroll Untuk Lanjut Membaca
HEADLINEPERISTIWAPOHUWATO

Polisi Ringkus Dua Pengedar Narkoba di Pohuwato

118
×

Polisi Ringkus Dua Pengedar Narkoba di Pohuwato

Sebarkan artikel ini
Pengedar Narkoba
Dua warga Pohuwato saat diamankan tim sat Narkoba Polres Pohuwato.fofo: Kasat

Dulohupa.id – Satuan Narkoba Polres Pohuwato tangkap dua orang warga. RA (25) yang berasal dari Desa Buntulia Jaya, Kecamatan Duhiadaa, dan TG (21), warga Desa Mootilango, Kecamatan Duhiadaa, saat kedapatan memiliki dan mengedarkan narkotika jenis sabu.

Kapolres Pohuwato, AKBP Winarno membenarkan kejadian penangkapan itu. Dirinya mengaku, penangkapan itu dipimpin langsung Kasat Narkoba, Iptu Renly H Turungan bersama anggotanya pada Minggu 31 Desember tahun 2023 kemarin.

“Betul, penangkapan itu dilakukan hari Minggu tanggal 31 Desember kemarin yang dipimpin langsung Kasat Narkoba,” jelas Winarno, Minggu (7/1/2024).

AKBP Winarno menjelaskan, kejadian itu bermula saat tim Sat Narkoba melakukan pemantauan terhadap salah satu warga yang berinisal TG yang sudah jadi Target Operasi (TO). Saat mengendarai sepeda motor, TG hendak diberhentikan, namun pelaku justru berhasil melarikan diri.

Di hari yang sama sembari mencari keberadaan TG, Kasat Narkoba bersama tim berhasil menangkap satu warga lain yang berinisal RA sekitar pukul 22.30 Wita di Desa Marisa Utara, Kecamatan Marisa.

“Dari pelaku RA Ditemukan satu sachet diduga Narkotika jenis sabu, dan uang Rp.1.000.000 rupiah,” ungkap AKBP Winarno.

Pada saat penangkapan RA, petugas berhasil melakukan pengembangan dan ternyata barang haram yang didapatkan itu berasal dari warga yang berhasil lolos berinsial TG tersebut.

Berselang beberapa jam hingga pada pukul 00.10 Wita tepatnya pada Senin 1 Januari 2024, SAT Narkoba berhasil menangkap TG di rumahnya Desa Buntulia Barat, Kecamatan Duhiadaa.

“Dan terus dilakukan pengembangan berdasarkan informasi yang diterima oleh Satuan Narkoba Polres Pohuwato, Rabu 03 Januari 2024 pukul 17.40 Wita bahwa TG masih menyimpan barang terlarang di mobil truk miliknya. Tim bergerak cepat sekitar pukul 18.30 Wita melakukan pemeriksaan dan pengeledahan disaksikan oleh aparat desa setempat ditemukan 1 (satu) sachet yang diduga Narkotika jenis Shabu dan 1 (satu) buah potongan sedotan, terletak dibawah jok sopir,” ujarnya.

Hingga kini kedua warga tersebut telah diamankan di Polres Pohuwato, dan setelah dilakukan tes urine kedua warga itu positif mengandung Amphetamine dan Methamphetamine. Barang bukti yang dimiliki pelaku sendiri telah dilakukan pemeriksaan dan pengujian di BisLabFor Makassar, Sulawesi Selatan.

“Kedua pelaku sudah ditetapkan menjadi tersangka dan dilakukan penahanan di rumah tahanan negara Polres Pohuwato, dan barang buktinya sudah diamankan di Polres Pohuwato guna penyidikan lebih lanjut,” ucap Winarno.

Kedua tersangka penyalahgunaan Narkotika itu dikenakan undang-undang nomor 35 pasal 114 ayat 1 dan pasal 112 ayat 1 undang-undang nomor 25 tahun 2009 tentang Narkotika.

Reporter: Hendrik Gani

banner