Dulohupa
Portal Berita Online Gorontalo

- Advertisement -

Persiapan Pilkada di Tengah Pandemi Berjalan Lancar

DULOHUPA.ID- Ketua Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI), Arief Budiman, mengungkapkan bahwa sejauh ini tidak ada laporan dari daerah penyelenggara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), terkait hal-hal yang berbahaya dan mengganggu jalannya pemilihan.

“Melihat persiapan sampai hari ini saya bersyukur kerja sama semua pihak membuat pemilihan persiapannya makin lancar, makin mudah,” ungkap Arief dalam Talk Show yang diselenggarakan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jumat (20/11).

Dalam kesempatan itupun, ia menceritakan perkembangan terkini pelaksanaan tahapan Pemilihan Kepala Daerah 2020, menjelang hari pemungutan suara. Katanya, berdasarkan aspek regulasi, saat ini Peraturan KPU terkait Pemungutan dan Penghitungan Suara tengah dilakukan harmonisasi di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) setelah sebelumnya dikonsultasikan bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan pemerintah.

Dari aspek anggaran, KPU juga menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) karena pencairan anggaran telah mencapai 100 persen di 270 daerah pemilihan.

“Kemudian SDM-nya, sampai hari ini rekrutmen KPPS sudah selesai, tanggal 24 November nanti akan dilakukan pelantikan KPPS. Selanjutnya akan dilakukan bimtek (bimbingan teknis), termasuk panduan penggunaan Sirekap,” kata Arief.

Pria kelahiran Surabaya itu juga menyampaikan distribusi logistik telah mulai dilakukan. Ada beberapa daerah yang sudah dipetakan untuk mendapat prioritas penerimaan logistik mempertimbangkan aspek geografis dan cuaca.

*Catatan: Bersama lawan virus corona. Dulohupa.id mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan, ibu, 3M (pakai Masker, rajin Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).
Reporter: Mega